nusabali

Kelurahan Bebalang Dinilai Tim Provinsi

  • www.nusabali.com-kelurahan-bebalang-dinilai-tim-provinsi

Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, dinilai tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi, Rabu (18/4).

BANGLI, NusaBali
Kedatangan tim penilai disambut Bupati Bangli I Made Gianyar, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangli Ny Erik Gianyar, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Lurah Bebalang I Gede Dyana Parasara,  dan masyarakat Kelurahan Bebalang. Tim penilai Provinsi Bali dipimpin Made Redi Yuliarmawan.

Redi Yuliarmawan menyampaikan, dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan, perlu dilakukan penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, dan swadaya gotong royong masyarakat. Oleh karenanya, untuk menilai keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan, perlu dilakukan evaluasi secara terarah, terpadu, terkoordinasi dan berkelanjutan, yang diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat regional.

Lomba kelurahan bertujuan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan, serta memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat kelurahan. Evaluasi terhadap keberhasilan pembangunan terdiri dari 3 (tiga) bidang meliputi 19 aspek yakni Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, Bidang Kemasyarakatan. “Mudah-mudahan penilaian ini tidak menjadi beban, tetapi lebih dikmaknai sebagai langkah kongkrit untuk mengadakan perbaikan-perbaikan dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Bangli, Made Gianyar, mengatakan Kelurahan Kubu pernah jadi yang terbaik di tingkat nasional. Dirahapkan apa yang pernah ditorehkan Kelurahan Kubu bisa diikuti oleh Kelurahan Bebalang. “Mudah-mudahan prestasi itu bisa menular, sehingga Kelurahan Bebalang bisa jadi yang terbaik di tingkat provinsi dan mewakili Bali di tingkat nasional,” ungkapnya. Dikatakan, apapun kegiatan ataupun program yang dijalankan pemerintah, tujuan akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat. Sama seperti penilaian lomba kelurahan tujuan akhirnya juga kesejahteraan, angka kemiskinan menurun, pendidikan meningkat dan ketersediaan lapangan pekerjaan. *e

Komentar