nusabali

FENG-SHUI : Menyesuaikan Arsitektur Rumah dengan Lima Unsur

  • www.nusabali.com-feng-shui-menyesuaikan-arsitektur-rumah-dengan-lima-unsur

Pernakah terpikir oleh Anda, bahwa unsur terkuat dalam kepribadian Anda sangat mempengaruhi gaya arsitektur rumah Anda.

Anda akan merasa lebih nyaman saat menyusun interior dan eksterior rumah Anda menurut unsur kepribadian Anda. Dalam diri Anda tentunya ada kombinasi dari kelima unsur (Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air) dalam Teori Wu Xing (Pergerakan Lima Unsur), tetapi tentunya akan ada salah satu dari kelima unsur yang akan mendominasi karakter Anda.

Unsur Logam
Apabila Anda seorang yang suka akan kebersihan, kerapian, kaku, dan terlalu steril, maka kemungkinan Anda adalah orang dengan Unsur Logam yang kuat. Anda juga akan suka dengan gaya minimalis. Kebanyakan tipe Unsur Logam cenderung memilih warna putih.

Kepribadian dengan dominasi Unsur Logam senang membereskan dan membuat rumah menjadi sebuah tempat yang tenang. Dan menganggapnya sebagai bagian dari usaha untuk menciptakan lingkungan untuk menenangkan diri.

Apabila perabot di dalam tempat tinggal Anda posisinya begitu-begitu saja selama beberapa tahun, maka ada baiknya apabila dilakukan sedikit perubahan agar supaya terdapat aliran Chi yang baik.

Keberadaan tanaman, pohon dan bunga akan membawa masuk energi alami ke dalam rumah. Mungkin juga perlu ditambah sentuhan pribadi di beberapa sudut ruangan. Temukanlah sebuah tempat di rumah untuk memasang beberapa foto keluarga Anda. Sehingga tercipta suasana seperti adanya kehadiran orang yang Anda sayangi sedang mengelilingi Anda.

Kecintaan terhadap kebersihan, kerapian, dan gaya ruangan yang sederhana disertai perhatian yang sangat mendetail, menunjukkan bahwa Anda sebagai sebuah pribadi yang sedang berada di puncak masalah berkaitan dengan ketidakbersihan dan perawatan.

Jadi akan lebih baik apabila Anda bisa memfokuskan diri untuk menciptakan aliran Chi yang baik. Chi yang baik yang mengalir melalui rumah Anda berguna untuk melawan pengaruh negatif sekaligus mengaktifkan kekuatan Anda.

Unsur Tanah
Masalah terbesar orang dengan kepribadian dengan Unsur Tanah adalah sampah. Kloset yang selalu terbuka, memiliki beberapa barang yang ternyata sama, buku yang tidak tertata dengan rapi, menyimpan semua undangan dan kartu ucapan selamat yang Anda dapatkan, atau menyimpan beberapa barang bekas. Sepertinya tidak ada rasa puas untuk memenuhi semua tempat di rumah dengan berbagai macam barang.

Mungkin Anda masih bisa bernapas, tapi sesungguhnya ruangan Anda tidak akan bisa mendapatkan Chi sama sekali. Jadi, alangkah baiknya apabila Anda menciptakan beberapa ruang di dalam rumah yang sanggup membuat Anda bisa bernapas dengan lega, sebelum melakukan hal lainnya. Atau, Anda hanya akan membuat semua sampah di rumah Anda menjadi sebuah kekacauan dalam hidup Anda.

Mengubah kebiasaan menumpuk barang ini mungkin membuat Anda menjadi tidak nyaman. Maka alangkah baiknya apabila Anda memfokuskan untuk membenahi ruangan yang memiliki kesan lama berubah menjadi memiliki kesan yang baru, sebelum Anda melangkah untuk melakukan pembenahan yang lain. Sekali saja Anda membenahi beberapa barang untuk membuat rumah Anda menjadi tampak lebih baik, maka yakinkanlah kepada diri Anda sendiri bahwa sesungguhnya Anda akan mendapatkan aliran Chi yang baik melalui ruangan yang mana pun juga. Chi pada diri Anda sendiri juga akan berubah banyak, seperti halnya Anda membenahi rumah. Jadi, yakinlah untuk mempraktikkan beberapa teknik untuk membenahi dan mengharmoniskan rumah Anda sesuai dengan kemampuan Anda.

Unsur Air

Apabila Anda adalah orang yang ingin untuk mengerjakan segalanya dalam waktu saat itu juga, maka kemungkinan Anda adalah orang dengan Unsur Air yang dominan. Karena itu, Anda disarankan untuk menyusun beberapa prioritas sebelum melompat untuk membuat perubahan.

Dari semua lima unsur, Anda termasuk kategori yang paling berani menggunakan warna. Ambillah kuas dan bersenang-senanglah dengan teori Feng Shui warna. Tapi, yakinlah bahwa Anda tidak melupakan pengaruh negatif yang seharusnya dihindari. Lalu, gunakan kreativitas Anda untuk mengembangkan pendekatan Feng Shui milik Anda sendiri.

Unsur Kayu
Rumah Anda, mungkin dilengkapi furniture yang indah yang dirawat dengan baik. Tapi, mungkin Anda menyerahkan begitu banyak tugas perawatan rumah kepada orang lain. Sehingga, Anda sendiri tidak memiliki usaha untuk melengkapi ruang Anda dengan cara Anda sendiri. Karena itu, Anda disarankan untuk mencari hal-hal sederhana yang bisa Anda kerjakan sendiri, dan letakkanlah beberapa energi Anda sendiri ke dalam titik kekuatan energi diri Anda tersebut.

Buang jauh-jauh kepraktisan untuk sementara, dan pilihlah benda yang unik dan tidak diduga-duga pada rumah yang mengekspresikan sesuatu dalam diri Anda yang jarang terlihat pada orang lain. Perubahan adalah sesuatu yang baik, dan Anda telah bekerja dengan keras selama ini. Buatlah keseimbangan dan pembaharuan. Bak mandi dengan lilin aroma terapi adalah contoh baik yang akan membantu Anda menjadi relaks dan menikmati rumah yang cantik.

Unsur Api
Anda termasuk pemilik karakter yang kadang terlalu cepat memperhatikan rumah. Tapi, sekali Anda mencoba mengenal Feng Shui, maka Anda akan menginginkan semuanya selesai secepat mungkin. Ingatlah untuk tetap menyusun sebuah perencanaan yang baik, sebelum memulai sesuatu hal apa pun juga, apalagi dalam menata Feng Shui. Atau, Anda akan melompat dari satu hiasan yang tidak perlu ke hiasan yang lainnya, tanpa memperhatikan barang-barang yang penting, sebelum akhirnya Anda dialihkan oleh ide menarik berikutnya. Bisa jadi Anda ingin memulai dengan genta angin dan air mancur, karena benda-benda inilah yang terkesan paling menarik.

Tapi, bila Anda melewatkan lokasi titik kekuatan pribadi, maka Anda tidak akan mengetahui di mana akan menempatkan benda-benda Feng Shui tersebut. Dan, Anda juga akan meninggalkan tugas-tugas perawatan rumah di kemudian hari. Hal ini pasti akan mengganggu usaha Anda lainnya. Sehingga akhirnya Anda terpaksa memanfaatkan jasa seorang ahli daripada mengerjakan sendiri perubahan-perubahan tersebut. Namun, yang terpenting, buatlah komitmen dengan diri Anda sendiri untuk selalu menerima perawatan pijatan relaksasi setiap kali Anda selesai bekerja. Juga akan lebih baik apabila Anda membeli sebuket bunga sebagai hiasan di tengah-tengah rumah Anda. Sehingga Anda akan selalu mengingat untuk beristirahat dan menghirup wangi dari bunga setiap saat. *

loading...

Komentar