nusabali

Partisipasi Pemilih di Gianyar Ditarget 84%

  • www.nusabali.com-partisipasi-pemilih-di-gianyar-ditarget-84

KPU imbau warga gunakan hak pilihnya, terutama kalangan pemilih pemula yang jumlahnya sekitar 10.000 lebih.

Saat Pilkada 2018, KPU Gelar Sosialisasi di Car Free Day

GIANYAR, NusaBali
Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih saat Pilgub Bali dan Pilkada Gianyar 2018, KPU Gianyar menggelar gerak jalan sehat bertema ‘Gerakan Sadar Pilkada Serentak Tahun 2018’ saat Car Free Day (CFD), Minggu (22/4) di Taman Kota Gianyar. KPU Gianyar menargetkan partisipasi pemilih mencapai 84 persen pada Pilkada 2018.

“Minimal partisipasi pada pemilu sebelumnya yang mencapai 80 persen bisa kita pertahankan dengan target bisa naik menjadi 84 persen,” ujar Ketua KPU Gianyar, AA Gde Putra ditemui di sela-sela acara. Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat yang punya hak pilih, menggunakan hak pilihnya secara cerdas. Terutama kalangan pemilih pemula yang jumlahnya sekitar 10.000 lebih.

“Kita sudah jajaki ke sekolah-sekolah maupun organisasi kepemudaan, agar pemilih pemula gunakan hak pilihnya dengan baik dan cerdas,” harapnya. Dalam gerak jalan sehat ini, KPU Gianyar mengundang ratusan peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Di antaranya SKPD di lingkup Pemkab Gianyar, kaum marginal, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi siswa dan mahasiswa, partai politik, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar serta masyarakat umum lainnya.

Gde Putra mengatakan gerak jalan sehat ini bukan sekedar agenda sesaat dan seremonial belaka, tapi merupakan pijakan awal untuk membangun Gerakan Sadar Pemilu (GSP). “Tugas kita bersama adalah menyadarkan publik bahwa pilihan mereka di bilik suara yang hanya 5 menit, akan mempengaruhi kebijakan politik di daerah tersebut selama 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Acara gerak jalan sehat ini juga dimeriahkan senam zumba, pentas seni dari SMPN 1 Tegallalang, serta bondres dari STI (Sekaa Topeng Inovasi). Di akhir acara, KPU Gianyar membagikan doorprize kepada peserta gerak jalan sehat dengan hadiah utama sepeda gunung.

Sebelumnya KPU Gianyar menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 363.084 pemilih pada rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap dalam Pilgub Bali dan Pilkada Gianyar 2018 yang dilaksanakan, Kamis (19/4) di ruang rapat Kantor KPU Gianyar. Pelaksanaan Rapat pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Gianyar, Anak Agung Gde Putra. Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Gianyar, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti menyampaikan untuk DPT di Kabupaten Gianyar berjumlah sebanyak 363.084 pemilih, dengan total jumlah TPS 772, total pemilih laki-laki 180.808 orang serta dengan pemilih perempuan sebanyak 182.876 orang. *nvi

Komentar