nusabali

Gelar Juara Diborong Sekolah Pinggiran

  • www.nusabali.com-gelar-juara-diborong-sekolah-pinggiran

Lomba Mata Pelajaran (Mapel) Tingkat SMP di SMAN 1 Amlapura, gelar juaranya dibagi sekolah pinggiran.

Lomba Mapel Tingkat SMP se-Amplapura

AMLAPURA, NusaBali
Ini menandakan kualitas pendidikan telah merata di Karangasem, dan para pemenang bergeser ke luar Kota Amlapura. Hal itu terjadi sejak tiga tahun terakhir.Lomba mapel yang dilaksanakan setiap tahun juga bertujuan untuk mengevaluasi mutu pendidikan di Karangasem yang tersebar di delapan kecamatan. Kasek SMAN 1 Amlapura Wayan Sugiana mengungkapkan hal itu di sela-sela lomba mapel di SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Sabtu (21/4).

Empat mata pelajaran yang dilombakan, Matematika diikuti 50 siswa, Bahasa Inggris 55 siswa, IPA sebanyak 54 siswa, dan IPS sebanyak 65 siswa. Gelar juara Matematika dimenangkan siswa kelas IX SMPN 2 Rendang I Made Sutantra Dwi Putra, mata pelajaran Bahasa Inggris dimenangkan Ni Wayan Miranda Aprita Dewi dari SMPN 4 Amlapura di Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, mata pelajaran IPS dimenangkan Ni Luh Putu Wika Lestari dari SMPN 3 Manggis dan IPA dimenangkan Ni Putu Ari Diastiningrum dari SMPN 2 Selat.

Kasek SMAN 1 Amlapura Wayan Sugiana mengakui, tiap tahun gelar juaranya bergeser secara bertahap, hingga puncaknya di lomba tahun 2018, semua gelar juara dimenangkan sekolah pinggiran. Setidaknya metode pembelajaran di sekolah pinggiran mulai melakukan inovasi baru, sehingga mampu mengungguli sekolah di Kota Amlapura. "Persaingan di lomba tahun ini lebih ketat, ditandai skor pemenang beda tipis," katanya.

Misalnya di nomor lomba mata pelajaran IPS, justru juara I dan juara II dari SMPN 1 Rendang masing-masing: Ni Luh Putu Wika Lestari dan Ni Kadek Budiyanti. Begitu juga di nomor Bahasa Inggris juara I dan juara II dimenangkan SMPN 4 Amlapura, masing-masing: Ni Wayan Miranda Aprita Dewi dan Ni Kadek Indah Suantari.

Sedangkan siswa SMP yang ada di Kota Amlapura hanya kebagian juara II Matematika atas nama I Dewa Ayu Agung Githa Saraswati, dari SMPN 5 Amlapura dan juara III mata pelajaran IPA dimenangkan SMPN 1 Amlapura melalui Ni Made Karis Santi. "Selebihnya dikuasai sekolah pinggiran," katanya.

Dari para pemenang itu, hanya siswa kelas IXa SMPN 2 Rendang atas nama I Made Sutantra Dwi Putra terbilang stabil prestasinya. Sebelumnya siswa tersebut meraih gelar juara lomba mata pelajaran Matematika di SMAN 1 Semarapura tahun 2017. "Pembinaannya kontinyu, anak itu memang berbakat bidang Matematika, guru pembinanya lebih mudah mengarahkan," jelas Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana.

Made Sutantra Dwi Putra adalah putra dari anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Partai Golkar I Nyoman Rena. "Anak saya sendiri telah tahu mengatur jam belajarnya, kami hanya memotivasi saja," jelas Nyoman Rena politisi dari Banjar/Desa Pempatan, Kecamatan Rendang.  *k16

Komentar