nusabali

Rangsang Calon Doktoral Menulis dan Publikasi Internasional

  • www.nusabali.com-rangsang-calon-doktoral-menulis-dan-publikasi-internasional

Rangsang Calon Doktoral Menulis dan Publikasi Internasional

Iswirap III Program Pascasarjana (S3) FK Unud


DENPASAR, NusaBali
Program Pascasarjana (S3) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana (Unud) secara rutin menggelar International Symposium in Scientific Writing and Publication (Iswirap). Tahun 2018, pelaksanaan Iswirap ketiga diselenggarakan di Ruang Rama Sita Inna Grand Bali Beach, Sabtu (21/4). Pelaksanaan Iswirap III kali ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah termasuk mancanegara.

Ketua Panitia Iswirap III, dr Ida Bagus Putra Adnyana SpOG (K) mengatakan, Iswirap merupakan salah bentuk kegiatan ilmiah mahasiswa S3 FK Unud. Kegiatan ini bertujuan untuk merangsang mahasiswa S3 agar mampu menulis artikel ilmiah. Setelah mampu menulis, nantinya artikel ilmiah tersebut diharapkan mampu dipublikasikan ke tingkat internasional. Sebab, karya ilmiah akan komplit bila ada publikasi.

“Kami terus merangsang para mahasiswa S3 menulis artikel ilmiah dan juga mempublikasikan ke tingkat internasional. Karena itu menjadi salah satu syarat menjadi kandidat doctoral. Di samping ada simposium, akan ada juga pencerahan dari para pakar-pakar penulis ilmiah,” ujarnya ditemui di sela-sela kegiatan.

Dikatakan, penulisan karya ilmiah merupakan tugas dan kewajiban dari mahasiswa maupun tenaga pengajar. Namun, seringkali banyak kesulitan dalam menyusun laporan karya ilmiah. Namun bila mampu menjawab permasalahan dan layak dipublikasi, akan menjadi kebanggaan sebagai akademisi.

“Bagaimana dari menemukan masalah, kemudian dikaji, kita coba menyelesaikan menjawab dengan hipotesis (jawaban sementara). Nah, jawaban sementara ini perlu diuji. Kalau sudah diuji, ternyata benar dan bisa menjawab masalah, itu maka akan valid dan layak untuk dipublikasi. Di sini jadi kebanggaan tersendiri sebagai seorang akademisi,” ungkapnya.

Selain menjadi prestasi membanggakan sebagai akademisi, penulisan karya ilmiah juga diperlukan untuk meningkatkan rating institusi Unud di tingkat internasional. Ini adalah visi dan misi FK Unud. Sehingga dalam Iswirap kali ini juga mendatangkan pembicara dari Kanada dan juga Indonesia. Mereka akan memberikan pengetahuan mengenai cara menulis karya ilmiah yang baik. “Peserta yang teregistrasi ada 120 orang, termasuk dari Rusia, Iran, Arab Saudi, Malaysia, dan Indonesia. Harapannya mahasiswa mampu menulis penelitiannya. Ini adalah target FK Unud supaya bisa meningkatkan rating di tingkat internasional,” tegasnya.

IB Putra juga menambahkan, dalam Iswirap III juga dilakukan clinic article yakni klinik hasil review untuk setiap artikel yang dikirim tim reviewer. “Jadi karya ilmiah yang mahasiswa tulis, akan direview oleh reviewer yang kita undang, apakah nanti bisa atau layak diterbitkan di majalah internasional,” tandasnya. *ind

Komentar