nusabali

Donor Darah Jaga Baya Dulang Mangap Sukawati

  • www.nusabali.com-donor-darah-jaga-baya-dulang-mangap-sukawati

Jaga Baya Dulang Mangap Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (DM MGPSSR) Kecamatan Sukawati, Gianyar,  menggelar kegiatan donor darah, Minggu (22/4), di jaba Griya Agung, Banjar Babakan, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Ratusan sameton (saudara) DM-MGPSSR dari tujuh  kecamatan se-Kabupaten Gianyar antusias mendonorkan darahnya. Sameton pun punya catatan khusus golongan darah para anggota. “Tujuannya, untuk mempermudah sameton Pasek yang lain jika ada yang memerlukan darah golongan tertentu,” jelas Ketua panitia acara, I Nyoman Cita, Minggu kemarin.

Tak hanya mempermudah sameton, Jaga Baya Dulang Mangap ini mengaku siap mendonorkan darahnya untuk siapa saja yang membutuhkan. “Program ini sebagai awal dan akan berkelanjutan di setiap DM-MGPSSR di Gianyar,” sebut pria asal Banjar Puaya, Desa Batuan, Sukawati ini. Selain diikuti oleh sameton Pasek, donor darah ini juga terbuka untuk umum. Warga melakukan donor darah difasilitasi PMI Kabupaten Gianyar dan Puskesmas Sukawati I.

Dijelaskan Nyoman Cita, DM-MGPSSR Sukawati memiliki program nyata. Antara lain, ngayah di Catur Parhyangan antara lain di Pura Ratu Pasek, Besakih, Pura Silayukti, Pura Punduk Dawa, Desa Peinggahan, Klungkung, dan Pura Lempuyang Madya, Karangasem. “DM juga sudah menjadi wahana atau ruang komunikasi sameton Pasek di tingkat kecamatan,” jelasnya. Kata dia, berdasarkan sejarah, Dulang Mangap adalah pasukan elit mirip Kopasus (komando pasukan khusus). Pasukan ini dipimpin Kyayi Gusti Pangeran Pasek Tohjiwa. DM, sebutan bagi pasukan khusus yang sudah kesohor sampai keluar Bali. Begitu mendengar nama besar DM, musuh sudah ketakutan. *nvi

Komentar