nusabali

CFD Jadi 'Hari Kendaraan Bebas Berdagang'

  • www.nusabali.com-cfd-jadi-hari-kendaraan-bebas-berdagang

Masyarakat Gianyar khususnya di perkotaan Gianyar sangat bangga dengan adanya kegiatan Pemkab Gianyar berupa CFD (car free day)/hari bebas kendaraan, setiap minggu pagi.

GIANYAR, NusaBali
Namun kegiatan yang dirintis Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace (2008-2013) ini, kini diserbu lapak-lapak pedagang, terutama lapak gerobak dan bermobil. Akibatnya, banyak warga dalam acara CFD, seperti Minggu (22/4) di Taman Kota Gianyar, menyebut CFD kini berubah jadi ‘hari kendaraan bebas berdagang’.

‘’Kok bisa begini jadinya CFD di Kota Gianyar sekarang,’’ ujar warga. Keheranan warga, terutama karena lintasan CFD sepanjang Jalan Kebo Iwa, arah selatan dari titik CFD, jadi makin  sempit akibat dipenuhi para pedagang pelbagai komoditas. Warga sangat menyayangkan, wahana CFD yang sebelumnya sangat nyaman untuk olahraga dan rekreasi, berubah jadi pasar pagi. Para orang tua yang mengajak anak-anak ke CFD, juga merasa sangat terganggu oleh banyaknya pedagang mainan dan camilan. Padahal, saat belum ada banyak pedagang seperti ini, anak-anak sangat serius bisa menikmati acara-acara CFD. ‘’Yee, jani panake jeg ngeling dogen nagih mabelanja (sekarang anak saya kok jadi nangis karena minta berbelanja saja),’’ ujar salah seorang warga.

Kepala Dinas Satpol PP Gianyar Cokorda Gde Agusnawa mengatakan, selama ini pihaknya belum tahu jika CFD di Taman Kota Gianyar berubah jadi pasar pagi karena serbuan pedagang itu. ‘’Tak ada panitia CFD yang beritahu soal ini. Untuk FCD minggu depan, semua pedagang pakai gerobak dan lapak mobil ini, akan kami bersihkan. Karena ini sudah sangat mengganggu lintasan CFD,’’ jelasnya. *lsa

Komentar