nusabali

Peduli Bersama 'Yayasan Bali Kumara'

  • www.nusabali.com-peduli-bersama-yayasan-bali-kumara

“Jadilah Kaya dengan Merasa Cukup dan Tetaplah Kaya dengan Berbagi”.

Itulah moto dari “Yayasan Bali Kumara”, yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan membantu meringankan beban anak-anak yatim, piatu, yatim-piatu, atau masyarakat miskin lainnya.

“Yayasan Bali Kumara (Baliku), awalnya merupakan ide kreatif sekelompok anak-anak muda yang merasa peduli dengan nasib tunas bangsa, khususnya di Kabupaten Karangasem, selanjutnya membentuk komunitas yang bernama Save The Todder Community (STC) pada tanggal 1 April 2015. 

Awalnya, komunitas ini bergerak membantu anak-anak yatim, piatu, yatim-piatu, atau masyarakat miskin lainnya atas kerelaan donasi para anggota komunitasnya sendiri, serta bantuan para donasi lainnya. Publikasi kegiatan yayasan dilakukan melalui jejaring sosial untuk mengetuk hati para dermawan agar ikut berbagi.

Kemudian, komunitas ini berubah menjadi “Yayasan Bali Kumara (Baliku) dengan pengesahan badan hukum melalui keputusan Mentri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Nomor: 27 Tanggal 30 September 2015. Yayasan ini memiliki visi mewujudkan anak yang cerdas, sehat dan berbudaya, dengan misi di antaranya: 1) meningkatkan pengetahuan anak melalui kelompok belajar; 2) memberikan bantuan makanan bergizi bagi anak dari keluarga kurang mampu/yatim/piatu; 3) mengedukasi/membina anak dan orang tua tentang pola hidup bersih dan sehat, dan; 4) menanamkan nilai-nilai budaya, agama sejak dini kepada anak untuk membentuk anak yang berkarater.

Yayasan ini memiliki struktur kepengurusan sebagai berikut: Badan Pembina: 1. I Negah Danu, S.Sos, MAP (Ketua), 2. I Wayan Arsiawan Adi, S.E.; Badan Pengawas: 1. dr I Ketut Budiarta (Ketua), 2. I Gd Putu Bimantara Putra, S.H., 3. Ni Putu Erna Yuli Adnyani; Badan Pengurus: 1. Ketua Umum: Ni Made Laba Dwikarini, SSTP, M.Si., 2. Wakil Ketua I: Ni Wayan Supartini, 3. Wakil Ketua II: Ni Putu Suri Damayanti, 4. Sekretaris Umum: I Wayan Suartawa, S.Sos., 5. Sekretaris: Ni Luh Putu Ari Agustini, A.Md., 6. Bendahara Umum: Ni Wayan Tarmini, S.E., 7. Bendahara: I Gusti Ayu Putu Agung Sariati Jelantik, S.E.

Walaupun yayasan ini terbilang belia, namun menurut sekretaris umum yayasan, I Wayan Suartawa, S.Sos bahwa tercatat sudah 192 kali berbagai bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan oleh yasasan ini, di antaranya: 1) Program E-Gobar (English Goes To Banjar), kursus bahasa Inggris gratis bagi anak-anak SD/SMP yang dilaksanakan pada hari Minggu di banjar/sekolah. 2) Pendampingan bagi PAUD di daerah terpencil melalui pemberian bantuan snack bergizi minimal sebulan sekali, mengajarkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pembagian sarapan pagi bergizi, pembagian pasta gigi dan sikat gigi, serta pemberian bantuan alat-alat tulis/seragam sekolah. 3) Memberikan pendampingan makanan bergizi dan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak gizi kurang dari keluarga miskin atau anak yatim-piatu. 4) Memberikan bantuan beasiswa bagi anak berprestasi dari KK miskin. 5) Melakukan kunjungan ke pasien anak dari KK miskin pada RSUD Karangasem. 6) Melakukan kegiatan penggalangan dana secara spontanitas melalui kegiatan loma/kompetisi maupun panggung kreativitas.

Dalam rangka HUT-nya yang ke-3, “Yayasan Bali Kumara” yang bersekretariat di Taman Asri Blok E, No. 29 Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Subagan, Amlapura, Karangasem-Bali ini berkomitmen mengimplementasikan konsep “Tri Hita Karana” dalam kehidupan sehari hari, melalui Bank Sampah BaliKu akan membuka pelayanan “Shopping and Saving dengan Sampah”, di mana masyarakat bisa membeli sembako, ATK, dll., membuka tabungan hari raya dengan menggunakan sampah anorganik. Menurut sekretaris umum yayasan, I Wayan Suartawa, S.Sos kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 April 2018, mulai pukuk 09 sampai selesai di sekretariat Bank Sampah BaliKu, di PAUD Terpadu Cempaka Kids, Lingkungan Dukuh, Kelurahan Padangkerta, Karangasem. Kegiatan tersebut juga menghadirkan berbagai steak older terkait di Kabupaten Karangasem, seperti: Dinas LHK, Dinas Perumaha dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Kesbang Polinmas, Dinas Sosial,  para donatur, dsb. 

Demi eksistensi dan giat yayasan menjadi lebih luas dan berkualitas, kepedulian kita semua sangat diharapkan, utamanya bagi yang memiliki nurani untuk berbagai dengan sesama, berkenan membagi rezekinya melalui gerakan bersama “Yayasan Bali Kumara”. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang keberadaan yayasan ini, kita dapat membuka akses melalui Facebook Page : @pagebalikumara, email: [email protected], kontak 082144854936 / 082144892207.

Penulis : I Wayan Kerti


*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

loading...

Komentar