nusabali

Operasi Patuh Jaya Sasar Pengendara Main HP

  • www.nusabali.com-operasi-patuh-jaya-sasar-pengendara-main-hp

Operasi Patuh Jaya 2018 dilaksanakan mulai Kamis (26/4) sampai 14 hari ke depan atau 9 Mei 2018 mendatang.

TABANAN, NusaBali
Salah satu sasarannya adalah pengendara memainkan ponsel atau HP saat berkendaraan di jalan. Pasalnya pelanggaran ini masih menjadi salah satu penyebab kecelakaan fatal hingga berpotensi timbulkan korban jiwa.

Kasatlantas Polres Tabanan AKP Kadek Citra Dewi Suparwati, menjelaskan selain sasarannya pengendara yang memainkan ponsel saat berkendaraan, operasi ini juga menindak pengendara melawan arus, tidak memakai helm, pengendara motor berboncengan lebih dua orang, berkendara dalam keadaan mabuk, dan pengendara di bawah umur.

“Operasi Patuh Jaya kelanjutan dari Operasi Keselamatan kemarin,” ungkapnya, Kamis (26/4), seusai menggelar apel pasukan.

Kata dia, sistem Operasi Patuh Jaya yang akan dilaksanakan bersifat hunting system. Artinya tidak melakukan stop kendaraan secara keseluruhan saat razia digelar. Melainkan yang melanggar saja akan dicopot dan langsung ditindak penegakan hukum. “Jadi kemarin pada Operasi Keselamatan lebih ke sosialisasi, sekarang langsung penindakan. Kalau salah langsung ditindak,” tegasnya.

Personel yang akan dilibatkan berjumlah 90 orang disebar di beberapa titik yang sudah diprioritaskan. Seperti jalur Denpasar – Gilimanuk, jalur DTW Tanah Lot, jalur ke arah Denpasar – Singaraja via Baturiti, jalur ke arah DTW Jatiluwih maupun Batukaru. “Yang menjadi prioritas rute adalah jalur utama, terutama jalur menuju tempat wisata,” tutur AKP Citra.

Dia mengakui, tujuannya selain menekan angka kecelakaan lalu lintas, operasi digelar juga persiapan menjelang Idul Fitri, pertengahan Juni mendatang. Serta persiapan menuju pengamanan jelang pertemuan International Monetary Fund (IMF). Sehingga jalur wisata pun tak luput dari pengecekan anggota.

AKP Citra menambahkan, ada dua tim yang sudah melakukan cek rute persiapan IMF. Dengan harapan ketika IMF berlangsung, jalur utama yang ada di sepanjang objek wisata di Tabanan lalulintasnya sudah siap. “Oleh karena itu, harapanya keselamatan lalu lintas bisa terjaga, serta angka kecelakaan dapat ditekan,” tandas AKP Citra. *d

Komentar