nusabali

Tak Kuat Nanjak, Truk Terguling Timpa Rumah

  • www.nusabali.com-tak-kuat-nanjak-truk-terguling-timpa-rumah

Sebuah Truk Hino Nopol DR 8323 AF yang dikemudikan Poniman, 49, terguling menimpa rumah I Wayan Miasa di jalur Denpasar - Gilimanuk, Banjar Bajera Kaja, Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, Sabtu (28/4) pagi.

TABANAN, NusaBali

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan out of control (OC) tersebut, namun rumah Miasa di bagian atap depan ruang tamunya hancur.Informasi yang dihimpun kecelakaan tunggal terjadi padi, Sabtu pagi sekitar pukul 05.30 Wita. Bermula dari Truk yang dikemudikan Poniman asal Mataram, NTB melaju dari arah Gilimanuk (utara) menuju Denpasar (timur). Setibanya di lokasi saat melintasi jalan lurus dan tanjakan, Truk Hino ini tidak kuat naik. Bahkan mirisnya pada saat itu rem tidak berfungsi dengan maksimal.

Truk dengan muatan sabun mandi dan kopi kapal api sebanyak 25 ton ini akhirnya mundur lalu terguling dibahu badan jalan sebelah barat dan menimpa atap rumah bagian ruang tamu Miasa. Akibatnya atap bagian depan rumah Miasa rusak. Beruntung saja rumah tersebut tidak ada penghuni.

Sedangkan Sopir Poniman selamat tanpa luka. Hanya saja muatan yang diambil dari Jawa Timur hendak dibawa ke Denpasar tumpah di lokasi kejadian. Kecelakaan ini pun tidak sampai membuat arus lalulintas tersendat karena truk masuk areal pekarangan rumah.

Sementara itu selain pihak kepolisian, proses evakuasi saat kecelakaan juga dibantu oleh relawan Blackkenyes Reborn yang senantiasa siap siaga membantu evakuasi ketika kecelakaan terjadi di Jalur tengkorak tersebut.

Menurut salah satu anggota relawan Agung Setya saat truk timpa rumah Miasa tidak ada penghuni. Kerusakan rumah Miasa di ujung atap ruang tamu tidak terlalu parah.

Hanya saja truk harus segera dievakuasi sebab berada di areal pekarangan karena menyulitkan aktifitas penghuni. "Tidak ada korban jiwa, arus lalulintas landai, sekarang tunggu arahan polisi," tegas Agung. Menurut Agung berdasarkan informasi yang diperoleh awalnya rumahnya tersebut milik Yohanes hanya saja Yohanes sudah meninggal. Lalu rumah tersebut diberikan kerabatnya I Wayan Miasa asal Banjar Bajera Tengah, Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg. "Jadi rumah ini tanpa penghuni tapi biasanya sering di pinjam oleh buruh batu sikat yang ada di lokasi

Kapolsek Selemadeg, Kompol I Nyoman Sukanada menjelaskan truk terguling karena kendaraan tak kuat nanjak serta rem tak berfungsi maksimal. "Tidak ada korban jiwa, saat ini sedang mencari derek untuk membawa truk naik," tegas Kompol Sukanada.

Ia pun menambahkan, diimbau kepada pengemudi agar senantiasa mematuhi aturan baik marka jalan atau tonase beban muat untuk tidak melebihi yang ditentukan. "Terutama tonase muatan jangan sampai lebih karena jalur di Tabanan banyak tikungan dan nanjak, supaya tidak berakibat fatal," tandasnya. *d

Komentar