nusabali

Hadiri Mlaspas Petapakan di Pura Gede Kedampal, Wabup Suiasa Serahkan BKK Senilai Rp 600 Juta

  • www.nusabali.com-hadiri-mlaspas-petapakan-di-pura-gede-kedampal-wabup-suiasa-serahkan-bkk-senilai-rp-600-juta

Tapakan Ida Bhatara dan Pretima di Pura Gede, Banjar Kedampal, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal, baru selesai diperbaiki.

MANGUPURA, NusaBali
Bertepatan Purnama Desta, pada Soma Kliwon Wariga, Senin (30/4), upacara mlaspas dipuput Ida Pedanda Gria Lebih Abiansemal.Karya mlaspas dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi anggota DPRD Badung Putu Alit Yandinata. Wabup Suiasa juga melakukan persembahyangan bersama, nyumpangan sekar emas (meletakkan bunga emas) pada tapakan dan menyerahkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai Rp 600 juta.

Manggala Karya Wayan Bakia melaporkan perbaikan (ngodak) tapakan Ida Bhatara Ratu Gede dimulai dengan upacara ngetus pada 2 Maret 2018, dan bertepatan purnama desta ini ratu tapakan diplaspas. Karya diawali dengan ngeratep, dilanjutkan mlaspas, melasti ke segara seseh, dan malamnya nunas pasupati di setra Desa Adat Abiansemal.

“Besok (hari ini) Ida Bhatara tapakan majauman ke Puluk-Puluk Tabanan, Pura Dalem Gede, Pura Sangsi, dan Pura Kroya,” ucapnya.

Atas nama pangempon Pura Gede, Wayan Bakia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan BKK dari Pemkab Badung, sehingga ngodak dan mlaspas, pasupati tapakan Ratu Gede dapat berjalan dengan baik. “Kami pangempon Pura Gede yang berjumkah 42 KK, sangat berterima kasih kepada Pemkab Badung. Kami kembali memohon bantuan untuk rencana pembangunan pelinggih gedong tapakan, panggungan, dan lumbung,” tambahnya.

Wabup Suiasa mewakili Pemkab Badung sangat mengapresiasi dan mendukung karya mlaspas petapakan di Pura Ratu Gede. “Kehadiran kami selaku pemerintah, yakni untuk ikut ngrastitiang semoga karya ini dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan krama, serta memohon agar jagat Badung tetap aman dan masyarakat sejahtera,” ujarnya.

Wabup Suiasa mengatakan, bantuan BKK ini sudah menjadi komitmen Pemkab Badung untuk meringankan beban masyarakat, sekaligus dalam upaya mengembangkan dan melestarikan seni, adat, agama, dan budaya di Kabupaten Badung. *asa

Komentar