nusabali

Dua Kapal Perang Prancis Sandar di Bali

  • www.nusabali.com-dua-kapal-perang-prancis-sandar-di-bali

Dua kapal perang Angkatan Laut (AL) Marine Nationale Prancis bersandar di Bali, yakni FS Dixmude L9015, (kapal induk amfibi dan komando) dan FS Surcouf F711 (kapal fregat siluman).

DENPASAR, NusaBali
"FS Dixmude L9015 bersandar di Pelabuhan Dermaga Pariwisata Benoa, sedang FS Surcouf F711 bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng," ujar kapten kapal FS Dixmude, Jean Porcher, dalam siaran pers Bagian Penerangan Lantamal V di Denpasar, Senin (30/4).

Menurut dia, kedua kapal akan berada di Pelabuhan Benoa dan Celukan Bawang selama lima hari, setelah itu keduanya akan mengikuti Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan tema ‘Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana’.

"Kunjungan kapal Prancis merupakan bentuk komitmen untuk memperkuat hubungan Angkatan Laut Indonesia dan Prancis karena keduanya sama-sama ambil bagian dalam kegiatan menjaga keamanan dan stabilitas global maupun regional," katanya.

Di sela-sela penjemputan kapal perang Prancis yang dihadiri Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Bambang Abdulah Basuki Rahmad dan Atase Pertahanan Prancis Ltk Laurix Gael, ia menjelaskan Prancis dan Indonesia memiliki kepentingan yang sama dalam menjaga lalu lintas maritim dan kebebasan berlayar sesuai dengan konvensi PBB tentang hukum laut. Kedua kapal perang negara Prancis tersebut berkunjung ke Bali dalam rangka Port Visit dan selanjutnya menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat dalam rangka latihan multinasional ‘Multilateral Naval Exercise Komodo 2018’. *ant

Komentar