nusabali

Seratusan Guru di Karangasem Naik Pangkat

  • www.nusabali.com-seratusan-guru-di-karangasem-naik-pangkat

Sebanyak 104 guru di Karangasem naik pangkat bertepatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Guru yang naik pangkat dari golongan IIa hingga IVb. Hanya guru golongan IVa ke IVb melengkapi administrasi berupa karya tulis ilmiah PTK (Penelitian tindakan kelas), sedangkan golongan di bawah itu menggunakan angka kredit.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Made Rangkep, mengungkapkan secara simbolis SK kenaikan pangkat diserahkan kepada dua guru yakni  Ni Putu Dewik Agustina dan I Ketut Nerima. Putu Dewik Agustina adalah  guru mata pelajaran IPA yang juga Kepala Lab SMPN 2 Amlapura, naik pangkat dari golongan IIIa ke golongan IIIb. “Saya naik pangkat berdasarkan angka kredit,” jelas Putu Dewik Agustina, Kamis (3/5).

Sedangkan pengawas SD Kecamatan Kubu, I Ketut Nerima naik pangkat dari golongan IVa ke golongan IVb. Ia mengaku berkas usulannya diajukan tahun lalu. Tercatat yang naik pangkat dari golongan IIa ke golongan IIb sebanyak 10 guru, dari golongan IIIa ke golongan IIIb 13 guru, selebihnya dari golongan IV a ke golongan IVb, total 104 guru. Rangkep mengatakan, usulan naik pangkat biasanya dua kali setahun. Bagi guru golongan IIIb ke golongan IIIc wajib menyertakan karya tulis ilmiah, yang terlebih dahulu hasil karyanya diseminarkan setelah direkomendasi FIG (Forum Ilmiah Guru).

Di samping itu, bagi guru yang hendak naik pangkat terlebih dahulu mesti menyusun DUPAK (daftar usulan penetapan angka kredit). Kenaikan pangkat selama setahun kesempatan mengajukan dua kali, April dan Oktober. Bagi guru yang hendak naik pangkat April, DUPAK mesti telah disetorkan pada bulan November. Sedangkan bagi yang hendak naik pangkat periode Oktober DUPAK mesti disetor Juni. "Ini kenaikan pangkat rutin yang diusulkan, setiap tahun,” kata Rangkep. *k16

loading...

Komentar