nusabali

Distan Rancang Pelibatan Petani pada Pasar Murah Galungan

  • www.nusabali.com-distan-rancang-pelibatan-petani-pada-pasar-murah-galungan

Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar mulai merancang pelaksanaan pasar murah jelang Hari Raya Galungan di Lapangan Parkir Utara Taman Kota Lumintang, 23-26 Mei 2018.

DENPASAR, NusaBali
Pasar murah kali ini akan melibatkan petani langsung berjualan untuk memberikan peluang bagi petani memamerkan hasil produksinya.Kepala Dinas Pertanian I Gede Ambara Putra, Minggu (6/5) mengatakan, pihaknya melibatkan petani langsung agar mereka mengetahui seperti apa pemasaran langsung produk mereka. Selain itu, kata Ambara, juga memudahkan masyarakat untuk berbelanja sekaligus memberikan harga yang lebih murah dari harga pasaran yang selama ini dijual pedagang.

Dikatakan Ambara, pihaknya sedikitnya menyediakan 23 stand untuk petani buah, perlengkapan upakara, hingga UMKM. "Kami libatkan petani dari Tabanan dan Bangli untuk buah-buahan. Bahkan kami membuka peluang bagi siapapun untuk ikut memajang produknya bisa mendaftar ke Distan, namun produk itu kami wajibkan harus buah lokal tidak boleh buah impor karena itu komitmen kami untuk mengembangkan buah lokal," ungkapnya.

Menurut Ambara, jika produk impor dilibatkan maka produk lokal milik petani di Bali akan tersaingi. Sementara petani-petani di Bali membutuhkan peluang pemasaran agar petani lebih bergairah dalam proses bertani mereka. Selain para petani yang dilibatkan, kata Ambara, nantinya juga melibatkan Dinas Ketahanan Pangan untuk menjual beras lebih murah. Selain itu juga akan ada berbagai jenis alat upakara.

Di lokasi yang sama juga akan ada penjualan tanaman hias dan kuliner yang dapat dinikmati masyarakat. "Kami juga libatkan pembuat jajan Bali, seperti dodol, jajan-jajan upakara dan alat upakara. Yang berjualan juga orangnya atau pembuatnya langsung. Nanti kan dengan tersedianya bahan-bahan ini masyarakat tidak jenuh dengan berbelanja di pasar jadi dengan jogging mereka bisa sambil belanja," imbuhnya.

Ambara juga mengungkapkan, dalam empat hari pasar murah pihaknya juga melibatkan artis Bali yang akan menghibur para pengunjung. Diantaranya Leonk Sinatra, Nanoe Biroe, Nada Tonik, D'Story, dan Angga & D'Shine Band. "Artis itu akan menghibur kita selama acara pasar murah berlangsung. Semoga masyarakat bisa memanfaatkan moment tersebut untuk melengkapi bahan menjelang Galungan," tandasnya. *m

Komentar