nusabali

Anak-anak Disediakan Tempat Bermain

  • www.nusabali.com-anak-anak-disediakan-tempat-bermain

Sejumlah Puskesmas di Buleleng, kini telah menyediakan fasilitas tambahan berupa tempat bermain bagi pasien anak-anak maupun pengunjung.

Puskesmas Ramah Anak

SINGARAJA, NusaBali
Fasilitas disediakan agar anak-anak tidak rewel saat berobat, ataupun hanya sekadar ikut orangtuanya berobat ke Puskesmas.Seperti fasilitas yang disediakan oleh Puskesmas I Sawan, yang berada di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan. Puskesmas ini menyediakan dua tempat bermain, untuk anak usia di bawah 3 tahun, dan anak usia di atas 3 tahun. Untuk anak usia di atas 3 tahun, permainannya berupa ayunan. Sedangkan untuk anak usia di bawah 3 tahun, permainnya lebih beragam seperti perosotan, bola, jungkat-jungkit, dan lainnya.

Meski masing-masing tempat arealnya hanya berukuran sekitar 1,5 m x 1,5 m, mengambil lokasi di pojok tempat antrean pengunjung, namun bagi orangtua, keberadaan tempat bermain itu sangat membantunya. Paling tidak anak-anak tidak rewel menunggu giliran berobat, atau menunggu orangtuanya berobat.

Made Sudiartama, salah satu pengunjung Puskesmas I Sawan, asal Desa Giri Emas mengatakan, sangat setuju dengan adanya wahana permainan anak. Menurutnya, wahana ini mampu menghilangkan kebosanan bagi anak-anak yang sedang menunggu giliran untuk diperiksa. Made Sudiartama berharap, wahana permainan anak ini bisa diperluas lagi agar anak-anak lebih nyaman dalam bermain.

“Setiap saya ajak anak saya kesini, anak saya selalu bermain di wahan ini sambil menunggu antrean. Saran saya agar wahana permainan anak ini bisa diperluas karena sekarang masih sempit, dan harus dilengkapi dengan keamanan,” harapnya.

Sementara Bagian Administrasi Puskesmas I Sawan, 1 Made Karmawan Putra menjelaskan, penyediaan fasilitas bermain bagi anak-anak tersebut bagian dari program Puskesmas Ramah Anak yang dirintis sejak tahun 2016 lalu. Fasilitas yang disediakan dilengkapi secara bertahap, hingga akhirnya fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan mulai tahun 2017. Ia mengaku, selama ini masyarakat yang membawa anaknya untuk diperiksa sangat menikmati wahana permainan yang ada di Puskesmas ini karena mereka bisa bermain sambil menunggu antrean. Namun menurutnya, masih ada beberapa fasilitas permainan anak yang perlu dibenahi.

“Kami merintis mulai tahun 2016 dan sampai sekarang sudah ada penambahan fasilitas bermain. Untuk ke depan kami sudah menganggarkan untuk menambah fasilitas keamanan agar anak-anak yang bermain merasa aman dan nyaman, termasuk nanti kami coba menyediakan ruang yang lebih luas,” terangnya.

Puskesmas Ramah Anak merupakan salah satu syarat untuk mencapai Kota Layak Anak. Puskesmas Ramah Anak, wajib memenuhi pelayanan sesuai kriteria yang disyaratkan, seperti tersedianya fasilitas layanan kesehatan khusus ibu dan anak, tersedianya tempat khusus pemeriksaan anak, ada taman gizi, pojok ASI, pojok oralit, tempat bermain, tersedia dokter anak, konseling untuk anak, ruang tumbuh kembang anak serta tempat pelayanan korban kekerasan terhadap anak. *k19

Komentar