nusabali

Bali Dragon Boat Festival Berlangsung Semarak

  • www.nusabali.com-bali-dragon-boat-festival-berlangsung-semarak

Bali Dragon Boat Festival yang diikuti oleh 220 peserta dari 6 negara di Perairan Laut Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung, Jumat (11/5) siang berlangsung meriah, semarak, dan penuh semangat.

MANGUPURA, NusaBali
Dengan jarak 250 meter para peserta beradu kekuatan dan cepat. Tampak satu tim dragon boat terdiri dari 10 orang pendayung, 1 orang penabuh drum, dan 1 orang juru kemudi. Penabuh drum terlihat memberi semangat kepada para pendayung, agar bisa mendayung lebih cepat.

Ketua Panitia Penyelenggara, Nyoman Sardjana ditemui di lokasi, kemarin, mengatakan, Bali Dragon Boat Festival ini digelar selama dua hari, 11-12 Mei. Meski bebas biaya pendaftaraan dan terbuka untuk umum, namun perlombaan ini mengharuskan peserta telah memiliki pengalaman olahraga mendayung. "Meski event ini lebih ke hiburan namun pesertanya harus yang sudah pengalaman mendayung. Karena resiko dari perlombaan ini cukup tinggi karena dilakukan di air. Kami dari panitia menghindari resiko sebenarnya. Kami mencoba untuk memberikan kesan yang luar biasa kepada pendayung yang dominan dari luar negeri ini," paparnya.

Masih terkait dengan resiko, Sardjana mengaku pemilihan perairan Kedonganan karena dinilai aman. Ombak dan arusnya tak kencang. "Bagi kami sangat tepat dilaksanakan di Kedonganan. Selain untuk mengangkat kawasan Kedonganan ke mata dunia kebetulan kondisinya pas untuk melakukan lomba dayung. Ini sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Badung yakni membangun sport tourism. Kami berharap dukungan dari semua pihak sehingga ke depan event ini bisa mengangkat Kedonganan dan Bali umumnya," ungkapnya.

Meski lebih banyak bersifat hiburan perlombaan ini tetap memperebutkan hadiah uang tunai, medali, dan trofi bagi pemenang. "Kegiatan ini digawangi oleh Festival Bahari Kabupaten Badung. Dengan diadakanya festival ini dapat menarik wisatawan mancanegara ke Bali. Kami juga berharap agar masyarakat Bali untuk datang menyaksikan bersama-sama dan menggaungkanya. Kalau bukan kita siapa lagi," ajak Sardjana. *p

loading...

Komentar