nusabali

Hari Ini, Nyepi Karya di Pura Samuantiga

  • www.nusabali.com-hari-ini-nyepi-karya-di-pura-samuantiga

Rangkaian upacara Ngusabha Karya Bhatara Turun Kabeh Kahyangan Jagat Pura Samuantiga di Desa Pakraman Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar,  diakhiri dengan Nyepi Karya, Senin (14/5) ini.

GIANYAR, NusaBali
Nyepi ini bertepatan dengan Tilem Sasih Jyestha. Seperti namanya, Nyepi artinya sepi atau tanpa aktivitas dalam pura.“Semua pintu akan ditutup. Areal Pura mulai dari gapura bagian barat sampai areal Pura Dalem Puri tidak boleh ada aktivitas,” jelas Ketua Paruman Penyungsung Pura Samuantiga Drs I Wayan Patera MHum saat ditemui, Minggu (13/5).

Prosesi Nyepiang Karya ini mulai berlangsung pukul 24.00 Wita - 06.00 Wita, hari berikutnya. “Jadi, jika dihitung Nyepi ini berlangsung 36 jam,” jelasnya. Tak ada sanksi khusus bagi krama yang melanggar. Hanya saja, akan ada sanksi sosial berupa sindiran dari krama lainnya. Tak saja berlaku untuk krama, masyarakat umum termasuk wisatawan pun dilarang masuk areal pura selama Nyepi.

Dijelaskan Wayan Patera, sehari sebelum Nyepi dilaksanakan prosesi Majaga-jaga. Dalam tradisi ini, krama maturan sasidan-sidan lalu mendapatkan pica berupa beras tridatu dan tirtha. Diyakini, beras tridatu yang terdiri dari beras putih, beras merah dan beras hitam (injin) ini sebagai perlambang kesejahteraan. Beras tridatu ini dikemas dalam plastik, jumlahnya tak banyak, namun sarat makna.

Ditambahkan Wayan Patera, rangkaian prosesi Karya Turun Kabeh telah berlangsung lancar selama ini. Pihaknya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada para seluruh umat. Sampai Minggu kemarin, terkumpul sesari sekitar Rp 400 juta, dana punia Rp 600 juta dan penggalian dana Rp 100 juta. Itu belum termasuk partisipasi berupa sarana upakara, seperti kerbau, kambing dan lain-lain,” ujarnya.

Rangkaian karya diakhiri pengundian kupon dana punia berhadiah di Pura Samuantiga, Sabtu (12/5) malam. Ada enam hadiah utama yakni satu diantaranya mobil dan lima sepeda motor.  Belum ada umat pemenang undian yang ngambil hadiah ini, dan panitia menunggu sampai sebulan kedepan. *nvi

loading...

Komentar