nusabali

Tanpa Messi, Invicible Barca Dirusak Levante

  • www.nusabali.com-tanpa-messi-invicible-barca-dirusak-levante

Misi invicible Barcelona gagal di markas Levante, di Ciudad de Valencia, Senin (14/5) dinihari Wita.

VALENCIA, NusaBali

Drama 9 gol dan mengandaskan mimpi Blaugrana untuk tak terkalahkan. Tanpa Lionel Messi, Los Cules menyerah 4-5 dari Levante setelah 36 laga tanpa kalah di La Liga. Dua gol Emmanuel Boateng di menit ke-9 dan 30 membuat Barca tertinggal dan menunjukkan tanda-tanda buruk. Satu gol balasan Philippe Coutinho di menit ke-38, tak banyak berarti oleh tiga gol balasan beruntun Levante.

Dalam 10 menit Barca terpukul telak oleh gol Enis Bardhi (46, 56), Boateng (49), yang membuat kedudukan 5-1. Barca pun tak menyerah. Coutinho bikin dua gol lagi (59 dan 64) dan penalti Luis Suarez (71) membuat Barca tertinggal 4-5 hingga akhir laga.

Meski kalah, Barca memimpin dengan 90 poin. Levante meraih 46 poin dari 37 laga di posisi 15. Pelatih Barca Ernesto Valverde menyebutkan, salah satu faktor krusial adalah gol kedua Levante di menit ke-30.

Pada waktu itu, Barca bertanding dengan 10 pemain lantaran Thomas Vermaelen keluar karena cedera. Valverde memutuskan memainkan Gerard Pique, tapi bola tak kunjung keluar lapangan dan Levante mencetak gol saat Pique belum diizinkan masuk.

"Hal itu membuat permainan kami tidak seimbang, kami mencoba menekan lawan dengan kondisi kekurangan satu pemain dan kami terkena getahnya,"kata Valverde

Terlepas itu semua, Valverde menyebut kekalahan timnya atas Levante dinilai sebagai laga aneh. Betapa tidak, permainan Barca yang biasanya kokoh ternyata dapat dibobol dengan mudah para penyerang Levante.

Dari laman resmi fcbarcelona, Valverde mengaku timnya frustrasi karena gagal mengakhiri musim ini dengan unbeaten. Tapi menurutnya hal itu memang tidak semudah yang terlihat, dan Barca sudah mencoba melakukannya sebaik mungkin.

"Rekor itu terlihat mudah tapi sebenarnya tidak. Ada banyak variabel, wajar jika banyak hal tidak berjalan sesuai dengan keinginan anda dan berjalan dengan baik untuk lawan,"kata Valverde.

Dikatakannya, Levante pun harus mendapat pujian pada laga tersebut. Khususnya serangan balik mereka yang begitu efektif untuk melukai Barca. Dan karenanya Valverde menyebut laga tersebut sedikit aneh.

Valverde mengatakan tidak ada yang perlu disesali berlebihan terkait kekalahan tersebut. Sebab yang terpenting Barca menjuarai La Liga musim ini, yang menurutnya merupakan kompetisi tersulit.Valverde juga harus mulai memikirkan solusi jika Lionel Messi tidak bermain. Pada laga itu, permainan Barcelona terlihat tidak terstruktur tanpa Messi di lapangan.

Belum ada konfirmasi dari Barca mengapa Messi tak dimainkan. Namun beredar kabar, Messi diistirahatkan untuk laga persahabatan dengan klub asal Afrika Selatan, Mamelodi Sundowns, tengah pekan ini.*

loading...

Komentar