nusabali

Harus Akomodir Aspirasi Jadi ASN

  • www.nusabali.com-harus-akomodir-aspirasi-jadi-asn

Menpora juga menggunakan kebijakan itu dalam mengangkat pegawai di Kementeriannya. Jika masuk poin Perda, Bidang SDM harus siap mendata atlet dan pelatih yang berprestasi tersebut.

Soal Perda Keolahragaan

DENPASAR, NusaBali
‪‪Penggiat olahraga yang juga pengurus Bidang SDM KONI Bali, AA Bagus Tricandra Arka berharap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang keolahragaan yang dibahas tim Pansus DPRD Bali, tetap mengakomodir aspirasi dan kepentingan atlet dan pelatih. Salah satu poin yang diharapkan, yakni soal atlet dan pelatih berprestasi agar dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Soal pengangkatan pelatih dan atlet yang berprestasi itu sudah dilakukan pada tahun 2010 lalu, namun sekarang malah menghilang. Jadi, usulan pengangkatan ASN dari pelatih dan atlet berprestasi, kami berharap hal tersebut bisa di akomodir dalam Perda," ucap AA Bagus Tricandra Arka, Rabu (16/5).

Pria yang juga Sekum Pengprov Kodrat Bali itu mengatakan, jika poin tersebut masuk dalam Perda, nanti dapat digunakan sebagai dasar untuk diperjuangankan dalam pengangkatan atlet maupun pelatih menjadi ASN.

"Kami berharap, atlet dan pelatih berprestasi benar-benar diperhatikan oleh pemerintah," harap Gung Cok, panggilan akrab Tricandra Arka.

Gung Cok menyebutkan,  Menpora juga menggunakan kebijakan tersebut dalam mengangkat pegawai di Kementeriannya. Jika sudah masuk didalam point Perda, selalu Bidang SDM menegaskan kesiapannya mendata atlet dan pelatih yang berprestasi tersebut.  Namun untuk bisa diajukan sebagai ASN tetap harus memenuhi syarat.

Indikator yang dipakai acuan , yakni meraih prestasi tingkat nasional dan internasional. Dan, kejuaraan yang diikuti tidak asal-asalan pula. Misalnya, untuk kategori nasional, syarat utamanya meraih medali emas, sedangkan tingkat internasional minimal meraih medali perunggu.

Dengan dasar yang jelas dan adanya Perda, kata Gung Cok, langkah untuk memperhatikan atlet maupun pelatih lebih mudah nantinya.  Semua itu dia serahkan kepada  pemerintah, komitmennya sejauh mana. Namun dia tetap yakin jika pemerintah mulai memberikan perhatian lebih kepada patriot olahraga yang sudah mengharumkan nama daerah maupun Bangsa dan Negara. "Jadi sudah sepantasnya mereka diperhatikan," jelas Gung Cok.dek

loading...

Komentar