nusabali

Truk Hajar Belasan Motor, Mobil dan Rumah

  • www.nusabali.com-truk-hajar-belasan-motor-mobil-dan-rumah

Diduga karena rem blong, 10 orang tewas di TKP, 1 meninggal di RS

BREBES, NusaBali
Sebuah truk bermuatan gula kristal menabrak belasan pengguna jalan, sepeda motor, mobil dan rumah di ruas jalan Tegal-Purwokerto. Data sementara, 11 orang meninggal akibat kejadian tersebut, dan 10 orang lainnya luka-luka. Peristiwa tersebut terjadi di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (20/5) sore. Truk tersebut diduga mengalami rem blong.

Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, membenarkan adanya kejadian tersebut. Polisi masih melakukan pendataan di lokasi kejadian dan mengidentifikasi para korban."Anggota sedang melakukan pendataan di TKP, termasuk melakukan penyelidikan terhadap kecelakaan ini," ujarnya singkat seperti dilansir detik.

Sejumlah saksi mata di lokasi kejadian mengatakan, sebuah truk nopol H 1996 CZ bermuatan gula pasir ini melaju dari arah selatan menuju utara. Setiba di ruas jalan Desa Jatisawit, truk terlihat melaju tak terkendali.

Akibatnya truk menabrak sejumlah pejalan kaki, pedagang takjil, belasan sepeda motor, mobil dan terakhir menabrak rumah milik warga bernama Muhtarom. Disebutkan 13 sepeda motor terdampak dan enam warung serta rumah dan gerobak somay dan pedagang buah.Kejadian nahas berlangsung hanya beberapa jam sebelum berbuka puasa. Kecelakaan terjadi di jalan utama jalur kota Bumiayu yang memang terdapat di sisinya rumah-rumah warga.

Salah seorang saksi mata, Yanto menuturkan, laju truk baru berhenti setelah menabrak rumah warga. Kerasnya tabrakan tersebut terdengar hingga radius 100 meter lebih. “Saya melihat di titik terakhir truk berhenti. Dari titik truk berhenti nabrak rumah. Jarak 110 meter sudah denger truk nabrak bangunan-bangunan rumah, mobil juga ada,” katanya dikutip dari inews.

Saat kejadian, kata dia, banyak korban luka maupun meninggal dunia masih berceceran di pinggir jalan. Sebagian besar korban yang tewas kondisinya mengenaskan. “Tak lama setelah itu, datang petugas dengan mobil dinas dan langsung mengevakuasi semua korban,” katanya.

Data sementara menyebutkan, 11 orang meninggal dunia. 10 di antaranya meninggal di lokasi kejadian dan seorang lagi meninggal di RSUD Bumiayu. "Hingga saat ini korban meninggal 11 orang," ujar Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto.

Di lokasi kejadian, nampak karung-karung berisi gula kristal yang berceceran. Selain itu nampak pula kerusakan parah pada kendaraan maupun rumah yang ditabrak truk tersebut. Sebelas orang tewas dalam kecelakaan tersebut sudah dievakuasi ke rumah sakit. "Sudah dievakuasi ke rumah sakit, masih pendataan," kata Sugiarto.*

Komentar