nusabali

Surat Suara Pilgub Mulai Dilipat

  • www.nusabali.com-surat-suara-pilgub-mulai-dilipat

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Bali ini diawasi langsung oleh Panwas Kabupaten Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
KPU Bali mulai mendistribusikan kebutuhan logistik Pilgub Bali 2018. Kali ini, KPU Buleleng telah menerima logistik berupa surat suara. Total jumlah surat suara yang diterima sebanyak 284 box, masing-masing box berisi 2.000 lembar surat suara. Logistik itupun langsung disortir dan dilipat. Proses itu dipantau langsung oleh anggota Panwas Kabupaten Buleleng. Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana, Minggu (20/5) mengatakan, surat suara tersebut diterima pada, Jumat (18/5) pagi.

Surat suara langsung disimpan di gudang logistik yang berada di kawasan Lc Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng. Selain surat suara, KPU Buleleng juga menerima gelang karet dan tinta. ”Total ada 280 box surat suara yang kita terima, masing-masing berisi 2.000 lembar surat suara. Kelengkapan lainnya, kita masih menunggu,” terangnya.

Logistik surat suara yang diterima itu, mulai disortir untuk dilipat, Minggu (20/5) pagi. Proses itu melibatkan 65 orang tenaga, yang bukan penyelenggara Pilgub. Mereka terbagi dalam 5 kelompok, diawasi oleh dua staf seketariat KPU. Proses sortir dan pelipatan diperkirakan rampung dalam waktu sepekan.

“Kami targetkan selesai (pelipatan dan penghitungan,red) tujuh hari kerja. Tenaga yang kami libatkan ini, mereka yang sudah pernah berpengalaman melipat surat suara di pemilu sebelumnya,” kata Komisioner KPU Buleleng, Luh Putu Sri Widyastini yang ditemui di gudang logistik.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara kemarin, diawasi langsung oleh Panwas Pilgub Bali Kabupaten Buleleng. Langkah ini guna memastikan kesiapan seluruh logistik, baik jumlah maupun jenis. Untuk surat suara yang disortir, sudah diketahui ada yang rusak karena robek. “Kita ingin memastikan kesiapan logistik. Tadi sudah ditemukan ada surat suara yang robek, berapa jumlahnya, angkanya pasti akan terus bergerak. Sehingga kita harus memastikan proses sortir dan pelipatan ini,” kata Komisioner Panwas Kabupaten Buleleng, I Wayan Sudira.

Dalam Pilgub Bali 2018 ini yang coblosannya digelar 27 Juni nanti, jumlah pemilih di Kabupaten Buleleng telah ditetapkan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 555.555 pemilih, dengan rincian pemilih pria sebanyak 279.849 jiwa, dan pemilih perempuan sebanyak 275.706 jiwa. Jumlah TPS telah ditetapkan sebanyak 1.088 TPS. *k19

Komentar