nusabali

Chelsea Juara Piala FA, Nasib Conte Belum Aman

  • www.nusabali.com-chelsea-juara-piala-fa-nasib-conte-belum-aman

Sukses membawa Chelsea menjuarai Piala FA 2017-2018, nasib pelatih Antonio Conte sebagai manajer Chelsea justru diyakini masih belum. 

LONDON, NusaBali

Hal itu diungkapkan mantan pemain dan pelatih The Blues, Ruud Gullit, yang juga menilai nasib Conte bisa saja seperti pendahulunya. Conte memang baru saja membawa Chelsea menjuarai FA Cup, setelah mengalahkan Manchester United  (MU)  1-0, di Stadion Wembley, London, Minggu (20/5) dini hari WITA. Namun bagi Gullit gelar juara itu tak akan cukup memenuhi ekspektasi Abramovich.

Ruud Gullit menyebutkan, pemilik Chelsea Roman Abramovich, harus bertanggung jawab atas Chelsea musim ini. Hal ini terkait kebijakan Abramovich yang kerap mengganti manajer yang gagal membawa Chelsea ke papan atas.

Di musim perdananya, Conte membawa Chelsea jadi juara Premier League 2016/2017. Namun musim ini The Blues justru terpuruk di posisi kelima klasemen dan hanya tampil di Liga Europa musim depan.

"Masalah utama di Chelsea adalah masa depan manajer selalu dalam keraguan di tahun kedua. Bahkan jika berhasil mendapatkan gelar di musim pertama, hampir pasti akan dipecat di musim kedua," ungkap Gullit ,dikutip dari tribalfootball.

Sementara Conte sendiri berhasrat terus menukangi Chelsea. Namun, Conte memasrahkan diri akan kelanjutan masa depannya kepada manajemen The Blues. Sejatinya Conte masih terikat kontrak sampai 30 Juni 2019, dan ia mengaku siap menerima keputusan yang menyangkut masa depannya di Stamford Bridge.

"Sejak awal saya mengerti kalau saya manajer klub hebat. Benar adanya kalau pihak klub banyak menuntut. Saya menghormati klub ini dan tentu saja kami akan membuat keputusan terbaik dan saya akan menerima setiap keputusan untuk masa depan," ucap Conte.

Gelar juara Piala FA menjadi penyelamat Chelsea yang menjalani musim buruk. Chelsea mengalahkan MU 1-0  berkat gol penalti Eden Hazard. Kemenangan ini menghindarkan Chelsea dari musim tanpa trofi. Sebelumnya Chelsea gagal mempertahankan gelar Premier League yang diraih musim lalu dan finis di peringkat kelima.

Namun kapten tim Garry pun menekankan betapa pentingnya gelar Piala FA untuk Chelsea kali ini. Secara pribadi, gelar Piala FA kedua bagi Cahill. Namun titel ini tetap spesial karena kali ini ia menjabat sebagai kapten.

Sementara itu, manajer MU Jose Mourinho menilai Chelsea tak layak jadi juara Piala FA. Usai kebobolan, MU relatif lebih dominan dan menghasilkan sejumlah peluang. Sedangkan para pemain Chelsea bermain dengan garis pertahanan yang cukup dalam.

Catatan BBC, penguasaan bola MU mencapai 68%. Marcus Rashford dkk. juga tercatat melepas 18 tembakan, lima di antaranya mengarah ke gawang.  Mourinho pun menyentil gaya main Chelsea yang cenderung bertahan. Menurutnya, MU lebih pantas menang. *

Komentar