nusabali

Puskesmas Banjarangkan II Wakili Klungkung

  • www.nusabali.com-puskesmas-banjarangkan-ii-wakili-klungkung

Lomba Puskesmas Berprestasi Provinsi Bali 2018

SEMARAPURA, NusaBali
Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni menyambut kedatangan rombongan Tim Penilai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Provinsi Bali dipimpin dr I Wayan Sukarta. Penyambutan tim di Puskesmas Banjarangkan II, Senin, (21/5). Karena Puskesmas ini mewakili Kabupaten Klungkung.  

Pjs Sugiada mengatakan kesehatan adalah investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi sehingga memiliki mutu dan daya saing. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu baik pelayanan kesehatan primer maupun sekunder. “Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan primer sehingga mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Diharapkan, lomba ini berdampak positif kepada masyarakat serta peran keteladanan bagi petugas pemberi pelayanan kesehatan. Khususnya di Kabupaten Klungkung juga diharapkan mampu memacu Puskesmas lain untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan. Selain itu, mampu sebagai motor penggerak dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan berwawasan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya, dibacakan Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr I Wayan Sukarta. Dia menyatakan Puskesmas, klinik pratama dan dokter/dokter gigi praktik mandiri merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Karena mereka menjadi kontak pertama masyarakat dengan pelayanan kesehatan. Penilaian FKTP berprestasi bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi FKTP dalam meningkatkan peran serta lintas sektor dan semua komponen masyarakat. Harapannya, agar ikut mendukung dan mendorong keberhasilan pembangunan di Bidang Kesehatan.

Kepala UPT Puskesmas Banjarangkan II dr Maria Wahyu Daruki memberikan pemaparan mengenai Gambaran Umum dari UPT. Puskesmas II Banjarangkan serta menyampaikan beberapa program inovasi di Puskesmas II Banjarangkan antara lain, GERTAK AWAS (gerakan tangkap nyamuk dewasa), TANGKAP PESAN (tangkap kepuasan pelayanan persalinan), PEKA WARNA (penandaan kedaluwarsa dengan warna) dan inovasi lainnya. dr Maria Wahyu Daruki menyerahkan Profil UPT Puskesmas Banjarangkan kepada Ketua Tim Penilai FKTP Berprestasi Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya.*wan

Komentar