nusabali

Pasar Desa Abang Batudinding Dikemas Jadi Pasar Tradisional Modern

  • www.nusabali.com-pasar-desa-abang-batudinding-dikemas-jadi-pasar-tradisional-modern

Bupati Bangli, I Made Gianyar, meletakkan batu pertama pembangunan Pasar Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Bangli, Selasa (22/5).

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli berkomitmen memajukan pasar-pasar desa di Bangli. Khusus Pasar Desa Abang Batudinding akan diwujudkan menjadi pasar tradisional modern. Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan satu barung gong yang diterima secara simbolis oleh kelihan Gong Giri Suara Mukti Desa Abang Batudinding, I Komang Astana.

Bupati Made Gianyar didampingi Kabag Protokol Setda Bangli Cok Bagus Gde Gaya Dirga mengatakan, Pasar Desa Abang Batudinding punya potensi menjadi besar. Pasar Desa Abang Batudinding merupakan salah satu pasar desa yang sudah maju di Bangli. Belum ada pasar desa di Bangli yang memiliki luas sampai 38 are selain Pasar Desa Abang Batudinding. “Sekarang kami baru bisa bangun dua los pasar. Tahun 2019 kami akan bangun lagi. Target tahun 2020 semua bangunan pasar sudah tuntas,” ungkap Bupati Made Gianyar.

Mewujudkan pasar yang berkualitas, Bupati asal Desa Bunutin, Kintamani ini juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan mengawasi bersama agar pembangunan Pasar Desa Abang Batudinding berjalan dengan baik. Setelah selesai dibangun, masyarakat juga diminta bisa menjaga keadaan pasar tersebut agar tidak krodit, sehingga pembeli maupun penjual merasa aman dan nyaman bertransaksi. “Kami ingin menjadikan Pasar Desa Abang Batudinding pasar tradisional modern. Sehingga keamanan dan kenyamanan merupakan prioritas. Mudah-mudahan pasar ini bisa menjadi pusat perekonomian masyarakat,” harap Bupati Made Gianyar.

Perbekel Desa Abang Batudinding, Made Diksa, mengatakan sesuai rencana pengembangan yang sudah disepakati, Pasar Desa Abang Batudinding akan dibangun menjadi pasar tradisional yang dikombinasikan dengan pasar modern. Pada wajah pasar akan dibangun minimarket yang sepenuhnya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sedangkan di belakang minimarket akan dibangun pasar tradisional yang modern. “Dalam rencana pengembangan, Pasar Desa Abang Batudinding akan kita bangun menjadi pasar tradisional yang modern. Artinya pasar tradisional yang jauh dari kesan semrawut, becek, dan kotor,” jelasnya.

Saat ini tercatat ada 186 lapak di Pasar Desa Abang Batudinding. Sedangkan dengan pembangunan dua los pasar yang baru diperkirakan bisa menampung 36 lapak lagi. Sehingga target tahun ini, Pasar Desa Abang Batudinding bisa menampung 222 lapak pedagang. “Kami berharap dengan penataan ini, Pasar Desa Abang Batudinding semakin ramai dan semakin maju,” harap Made Diksa. *

Komentar