nusabali

Dukung Upacara Atma Wedana Desa Adat Kerta, Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 506 Juta

  • www.nusabali.com-dukung-upacara-atma-wedana-desa-adat-kerta-bupati-giri-prasta-serahkan-hibah-rp-506-juta

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 506.650.000 juta kepada krama Desa Adat Kerta, Desa/Kecamatan Petang, Senin (21/5), di Balai Banjar Desa Adat Kerta.

MANGUPURA, NusaBali
Dana tersebut untuk mendukung pelaksanaan upacara atma wedana, mapandes, dan mapetik Desa Adat Kerta. Acara ini juga dihadiri Camat Petang Ida Bagus Nata Manuaba, Kepala Satpol PP Anak Agung Ngurah Surya Negara, Ketua WHDI Badung Ni Ketut Suas Isyudayani, Ketua Forum Perbekel Kabupaten Badung I Gusti Lanang Umbara, Perbekel Desa Petang I Wayan Suryantara.

Bupati Giri Prasta sangat mendukung upacara atma wedana, sawa prakerti, termasuk upacara mapetik, dan metatah yang dilaksanakan krama Desa Adat Kerta. Karya ini merupakan bagian dari pelestarian, seni, adat, agama, tradisi, dan budaya. Upacara yang biasanya dilaksanakan setiap 3 tahun atau 5 tahun sekali ini akan mampu meringankan dari segi biaya serta dapat meningkatkan rasa menyama braya dan gotong royong masyarakat.

“Untuk itu kami Pemkab Badung akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban, paling tidak masyarakat tidak lagi mengeluarkan peson-peson atau iuran berupa dana,” kata Bupati. Bupati Giri Prasta juga mengatakan, dalam melaksanakan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, Pemkab Badung telah menetapkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB).

Ketua Panitia I Wayan Darsana menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah membantu pelaksanaan upacara atma wedana, mapandes, dan mapetik ini sehingga bisa berjalan dengan lancar. “Kami mewakili masyarakat Desa Adat Kerta, Desa Petang menyampaikan terima kasih atas bantuan Bapak Bupati Badung, sehingga upacara atma wedana, mapandes, dan mapetik ini bisa berjalan lancar,” katanya. *asa

Komentar