nusabali

367.348 Surat Suara Pilgub Dilipat di Badung

  • www.nusabali.com-367348-surat-suara-pilgub-dilipat-di-badung

Distribusi Surat Suara di Tabanan Dikawal Ketat Polisi

MANGUPURA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung mulai melipat surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali pada 27 Juni 2018 mendatang, Selasa (22/5). Pelipatan surat suara yang dilakukan di Gedung KPU Badung, Jalan Raya Kebo Iwa Nomor 39 Denpasar, mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian.

“Iya, hari ini mulai pelipatan surat suara yang kami terima dari KPU Provinsi Bali. Dalam proses pelipatan kami melibatkan sebanyak 50 orang,” ungkap Ketua KPU Badung, AA Gede Raka Nakula. Adapun total surat suara yang dilipat sebanyak 367.348 lembar. Surat suara tersebut disimpan dalam 148 box.

“Sesuai yang kami terima sebanyak 148 box dengan total 367.348 lembar. Target kita dalam enam hari kedepan pelipatan surat suara selesai,” kata pria asal Gianyar itu. Di samping itu, total surat suara ini juga termasuk surat suara cadangan. Sebab, sesuai aturan masing-masing TPS harus tersedia surat cadangan sebanyak 2,5 persen.

Selama proses pelipatan surat suara berlangsung, tak hanya petugas dari KPU Badung saja yang melakukan pengawasan. Namun, pihak Panwaslu Badung serta personel dari kepolisian juga turut melakukan pengamanan dan penjagaan.

Daftar pemilih tetap (DPT) di Badung sebanyak 358.125 jiwa dengan rincian 176.955 laki-laki dan 181.170 perempuan. Jumlah pemilih ini tersebar di enam kecamatan, 62 desa/kelurahan dan 579 tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara di Tabanan, KPU setempat menerima surat suara Pilgub Bali pada, Selasa (22/5) siang. Sebanyak 358.154 lembar suara sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dikirim menggunakan truk box. Distribusi surat suara ini dikawal ketat aparat kepolisian. Komisioner KPU Tabanan bagian logistik, I Ketut Narta mengatakan berdasarkan informasi di KPU Bali surat suara dijadwalkan datang tanggal 25 Mei. "Jadwalnya tanggal 25 Mei, tapi tak masalah mendahului," ujarnya saat jumpa pers didampingi Ketua KPU Tabanan Luh Darayoni dan komisioner yang lain.

Sebanyak 358.154 lembar surat suara sesuai dengan jumlah DPT sudah diterima, plus tambahan 2,5 persen dari jumlah DPT. Juga ada 2.000 lembar suara cadangan sudah diterima KPU Tabanan. Hanya saja dari jumlah tersebut belum diketahui ada yang rusak atapun cacat. Karena surat suara masih ada di dalam box. Penyortiran baru akan dilakukan pada tanggal 2 sampai 4 Juni 2018 nanti. *asa, d

Komentar