nusabali

Cagub Rai Mantra Janjikan Kartu Tani

  • www.nusabali.com-cagub-rai-mantra-janjikan-kartu-tani

Cagub nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra alias Rai Mantra memberikan perhatian pada sektor pertanian masyarakat di Desa Suter dan Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Kampanye di Kintamani, Bangli

BANGLI, NusaBali
Dalam simakrama yang digelar di Balai Serbaguna Desa Suter dan Abang Batudinding, Rabu (23/5), Rai Mantra yang didampingi Ketua Koalisi Rakyat Bali (KRB) AA Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi, dan I Nyoman Basma yang juga wakil Ketua DPRD Bangli mengatakan bila menang pihaknya akan keluarkan kartu tani untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh para petani.

Rai Mantra menyebutkan kartu tani merupakan satu identifikasi petani, memperoleh akses mudah untuk pupuk bersubsidi, akses bantuan serta permodalan talangan bergulir. Sehingga kedepan petani yang sudah terdaftar atau memiliki kartu tani bisa lebih terbantu terkait pendistribusian pupuk bersubsidi.

Jika para petani membutuhkan permodalan, maka kartu tani tersebut juga bisa dimanfaatkan. “Kartu tani bisa sebagai akses permodalan dana bergulir, nantinya bantuan tersebut bisa didrop pada kelompok tani yang sudah jelas terdata,” jelas Cagub yang berpasangan dengan Cawagub Ketut Sudikerta berjuluk Mantra-Kerta ini.

Rai Mantra mencontohkan untuk di Denpasar sudah memanfaatkan kartu tani dan memiliki dana talangan, sehingga anggota kelompok bisa bergilir manfaatkan dana tersebut. “Kalau di Denpasar bekerja sama dengan beberapa Bank, namun nantinya kami rencanakan untuk pemanfaatan dana bergulir. Kalau yang bukan petani tentu tidak bisa,” terangnya.

Di singgung terkait bantuan alat pertanian, Rai Mantra mengatakan bila dibutuhkan tentu pihaknya akan mempersiapkan. “Mungkin nanti bisa dibahas kembali apa-apa saja yang dibutuhkan petani di sini,” imbuhnya.

Di sisi lain, I Nyoman Basma menyampaikan dalam simakrama diikuti 600 orang. Dalam hal ini pihaknya menarget kemenangan untuk Mantra-Kerta di Bangli. “Kami tidak ingin sesumbar menang sekian persen, namun kami sudah bekerja optimal dan intinya targetnya adalah menang,” ujar politisi Golkar ini. *e

Komentar