nusabali

Vas Abad Ke-18 Dilelang Rp 8,3 M

  • www.nusabali.com-vas-abad-ke-18-dilelang-rp-83-m

Sebuah vas China antik berusia ratusan tahun akan dilelang oleh rumah lelang di Perancis pada bulan depan.

PARIS, NusaBali
Vas yang diyakini berasal dari masa Dinasti Qing di abad ke-18 itu ditafsir bernilai lebih dari 500.000 euro (sekitar Rp 8,3 miliar). Dilansir kompas dari AFP, rumah lelang Sotheby's, dalam situs resminya, mengisahkan awal mereka mendapatkan vas antik tersebut. Rumah lelang Sotheby's mengatakan, vas tersebut lama tersimpan di dalam sebuah kotak sepatu milik satu keluarga di Perancis.

Keluarga tersebut menemukannya kembali saat tengah membongkar loteng rumah mereka dan memutuskan untuk menjualnya. "Kami tidak terlalu menyukai vas itu, begitu juga dengan kakek nenek saya," kata pemilik vas tersebut saat menghubungi Sotheby's tiga bulan lalu. Vas tersebut ditemukan bersama dengan puluhan porselen lainnya.

Setelah diidentifikasi oleh para ahli, berdasarkan motif dan teknik pembuatannya, dipastikan vas tersebut adalah barang asli yang dibuat pada abad ke-18. Pada masa itu di China tengah dikuasai Dinasti Qing dan vas tersebut diyakini adalah milik Kaisar Qianlong. Vas tersebut akan menjadi bintang dalam pelelangan yang akan digelar pada 12 Juni mendatang dan rumah lelang Sotheby's membuka penawaran mulai dari 500.000 euro atau lebih dari Rp 8 miliar.

"Porselen itu memiliki desain yang rumit yang sangat jarang ada pada porselen kekaisaran Qing," tulis Sotheby's dalam situs lelangnya. "Vas ini adalah satu-satunya barang di dunia yang memiliki tingkat detail seperti itu. Ini adalah karya seni utama," kata Olivier Valmier, pakar seni Asia dari Sotheby's. *

loading...

Komentar