nusabali

Guru Dibebani Target Juara

  • www.nusabali.com-guru-dibebani-target-juara

Tahun 2017, Karangasem merebut dua juara, tahun ini Kadisdikpora Karangasem targetkan empat juara.

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menerima 8 guru yang akan berlaga di Lomba Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Bali 2018, Jumat (25/5). Kepada delapan guru itu, Bupati membebani target juara. Alasannya, secara kualitas pendidik di Karangasem tidak kalah, bahkan telah terbiasa berlaga dan berprestasi di tingkat nasional. Pernyataan itu bukan bermaksud meremehkan calon lawan. Justru memotivasi agar lebih berprestasi, lebih banyak tampil di lomba nasional dan menjadi yang terbaik.

Lomba di Provinsi Bali dibagi dua gelombang. Kelompok guru pada tanggal 4-6 Juni dan kelompok kepala sekolah pada tanggal 11-13 Juni 208. Lomba digelar di Hotel Mahajaya Denpasar. “Buktikan pendidik dari Karangasem mampu bersaing, buktikan Karangasem bermartabat. Secara mental, Karangasem telah berpengalaman meraih juara, terutama juara di Tingkat Provinsi Bali,” jelas Bupati Mas Sumatri. Bagi pendidik dari Karangasem berlomba tidak ada istilah mencari pengalaman, tetapi berlomba untuk menang. Mencapai kemenangan secara elegan.

Terlebih lagi beberapa guru belakangan ini dari Karangasem meraih prestasi tingkat nasional bidang karya tulis. “Kami merasa bangga atas prestasi itu, masyarakat Karangasem juga bangga,” katanya. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, menargetkan empat gelar juara. Tahun 2017, Karangasem merebut dua gelar juara melalui I Kadek Putra Agustina (guru SD Negeri 1 Tista, Kecamatan Abang, Karangasem) dan I Dewa Gede Adnyana pengawas SMP Disdikpora Karangasem.

Sedangkan juara tahun 2014 diraih Ida Bagus Nyoman Japa, kali ini kembali ikut berlomba. “Dari delapan guru ini, kebanyakan berpengalaman sebagai juara, makanya target empat gelar juara bukanlah hal yang sulit,” kata Gusti Kartika. Delapan guru yang siap berlaga di Provinsi Bali hasil seleksi sebelumnya yakni Dewa Ayu Anom Pratiwi guru TK Negeri Pembina Karangasem, I Ketut Parna guru dari SDN 2 Tianyar Tengah (Kecamatan Kubu), I Gede Sarya dari SMPN 4 Abang.

Berikitnya Ni Ketut Susun Kasek TK Semara Giri Kecamatan Selat, I Wayan Kariasa Kasek SDN 5 Sibetan, Ketut Suparjana Kasek SMPN 2 Rendang, Ngakan Putu Suarjana pengawas SD Disdikpora Kecamatan Rendang dan Ida Bagus Japa dari pengawas SMP Disdikpora Karangasem. “Target memang juara di Tingkat Provisi Bali, bahkan untuk memperbaiki prestasi tingkat nasional. Tahun 2014 hanya masuk sebagai finalis tingkat nasional,” jelas Ida Bagus Nyoman Japa. *k16

Komentar