nusabali

Jelang Libur Panjang, Pelipatan Surat Suara Dikebut

  • www.nusabali.com-jelang-libur-panjang-pelipatan-surat-suara-dikebut

Hari Raya Galungan dan Kuningan semakin dekat. Sementara tahapan Pilgub Bali dan Pilkada Gianyar 2018 harus tetap jalan.

GIANYAR, NusaBali
Salah satunya agenda pelipatan surat suara. Setelah merampungkan surat suara Pilkada Gianyar, KPU Gianyar melanjutkan pelipatan surat suara Pilgub Bali. Pelipatan melibatkan sekitar 100 orang sejak, Jumat (25/5).

Ketua KPU Gianyar, Anak Agung Gde Putra, mengakui waktu yang dekat hari raya ini dimanfaatkan untuk mengkebut pelipatan. “Pelipatan baru kami mulai sekarang. Kami harap sebelum Galungan bisa selesai,” jelas Agung Putra, Jumat (25/5).

Ada 50 staf KPU ditambah tenaga bantuan dari umum ikut terlibat melipat surat suara. “Tenaga umum kurang lebih 40-50 orang,” jelasnya. Pelipatan dilakukan di kantor KPU Gianyar dan tidak boleh dibawa pulang.

Tenaga pelipat yang datang ke kantor juga dicek. “Kami cek barang bawaan mereka, seperti tas. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya. Setelah pengecekan, tenaga pelipat ini bekerja di tiga titik yang disediakan.

Menariknya, tenaga pelipat ini ada yang mengajak anak mereka. Mereka melipat sambil mengasuh anak. Bahkan, ada tenaga pelipat yang masih remaja. “Untuk tenaga pelipat tidak masalah, kan kami awasi terus mereka. Ada yang menjaga saat melipat, bahkan staf kami ikut mengawasi, semua saling mengawasi,” jelasnya.

Untuk jumlah surat suara yang dilipat, berjumlah 363.084 plus 2,5 persen per setiap Tempat Pemilihan Suara (TPS). “Sebelum dilipat, disortir dulu baru dilipat. Ada yang kami temukan rusak sekitar 35 surat, itu jumlahnya kecil,” jelasnya.

Terkait surat yang rusak, langsung dibuatkan berita acara kemudian dikirim lagi ke Temprina Surabaya. “Langsung kami minta gantinya,” tukasnya. Sementara itu, sebelumnya, KPU sudah melipat surat suara untuk Pilkada Bupati Gianyar. Jumlah surat di Pilkada Gianyar sama dengan Pilgub Bali. Karena Gianyar menggelar dua Pilkada, maka surat suara yang akan diterima warga nantinya berjumlah dua buah. *nvi

Komentar