nusabali

KPU Tabanan Distribusikan Buku Panduan KPPS

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-distribusikan-buku-panduan-kpps

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan sudah mulai mendistribusikan logistik sebagai persiapan Pilgub Bali pada 27 Juni mendatang.

TABANAN, NusaBali
Salah satunya buku panduan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang sudah didistribusikan ke 10 kecamatan, Jumat (25/5). Komisioner KPU Tabanan Divisi Logistik, I Ketut Narta mengatakan, distribusi buku panduan KPPS sudah dilakukan pada, Jumat (25/5). Buku tersebut sudah disebar ke 10 kecamatan yang ada di Tabanan. "Turunnya di kecamatan," ujarnya, Sabtu (26/5).

Kata dia, setelah sampai di kecamatan, distribusi akan dilakukan melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lalu ke KPPS. Sehingga saat pelantikan pada bulan Juni nanti, buku panduan untuk KPPS sudah siap dibagikan ke KPPS. "Sampai di tangan KPPS adalah saat pelantikan KPPS," jelasnya. Narta menegaskan, buku panduan teknis tersebut sangat penting sekali dalam melaksanakan tugas pada perhitungan pemungutan suara. Makanya buku itu lebih awal diberikan agar PPK, PPS (Panitia Pemungutan Suara) bisa mempelajari yang nantinya PPS akan memberikan bimtek ke KPPS. "Ini alasan pertama dikirim sebagai panduan teknis," tegasnya.

Ditambahkan, mengingat masih adanya Hari Raya Galungan dan Kuningan serta Idul Fitri distribusi logistik yang lain masih dijadwalkan. Yang jelas setelah Hari Raya Galungan, KPU Tabanan pada 2 dan 3 Juni mulai pelipatan surat suara yang sudah datang pada, Selasa (22/5) lalu dari KPU Provinsi Bali.

"Nanti masih tahap pelipatan surat suara, setelah siap baru akan didistribusikan sesuai dengan jadwal," tegasnya. Sekadar diketahui jumlah surat suara yang diterima KPU Tabanan sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 358.154 plus 25 persen, plus tambahan 2.000 lembar surat suara cadangan. Dalam pelipatan surat suara KPU Tabanan mengajak 50 orang. *d

Komentar