nusabali

Jelang Galungan, Angkutan Penumpang Dermaga Sanur Meningkat

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-angkutan-penumpang-dermaga-sanur-meningkat

Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, dermaga laut di Pantai Sanur, Denpasar, Minggu (27/5) mulai dipadati penumpang.

DENPASAR, NusaBali
Peningkatan penumpang saat ini hingga mencapai 30 persen dari hari biasanya. Ratusan penumpang lokal lebih mendominasi untuk keberangkatan ke Nusa Penida, Klungkung.  Dari pantauan, warga Nusa Penida yang bekerja di Denpasar dan Badung selatan berbondong-bondong bersama keluarga mereka menuju ke kampung halaman setelah mendapatkan libur panjang. Mereka membawa berbagai barang bawaan termasuk bahan upakara yang akan digunakan menjelan Galungan. Salah satunya sampian penjor agar tidak lagi membeli di kampung halaman mereka.

Salah satu penumpang yang akan menuju Nusa Penida, Wayan Sueca, 23, asal Nusa Penida yang bekerja di Denpasar mengaku akan pulang kampung untuk merayakan hari raya Galungan dengan keluarganya. Kata dia, saat ini momen yang paling pas untuk berkumpul bersama keluarga, apalagi libur Galungan cukup panjang. Ia bisa lebih lama bersama keluarga sebelum kembali bekerja.

"Saya mau pulang kampung, soalnya kan mau Galungan biar dapat sembahyang sama liburan kumpul sama keluarga. Sekaligus saya bawa pesanan dari keluarga. Mungkin saya habis Kuningan baru balik," ungkapnya.

Sementara salah satu reservation boat/ticketing, Tesya Nanda Velani saat dikonfirmasi mengatakan, jumlah penumpang saat ini meningkat tajam dari hari sebelumnya. Pihaknya sudah menerima banyak penumpang sejak hari Sabtu, (26/5). Menurut dia, kenaikan penumpang menjelang hari raya Galungan saat ini mencapai 30 persen lebih.

Bahkan, penumpang yang paling banyak saat ini merupakan penumpang lokal kendati keberangkatan ada juga dari penumpang asing. "Wah, sekarang meningkat tajam lebih dari 30 persen. Soalnya menjelang Galungan, kebanyakan penumpang lokal yang mau pulang kampung. Tadi pagi saja yang boat isi 75 dan 80 orang sudah penuh semuanya dengan warga lokal," ungkapnya.

Kata Tesya, dengan meningkatnya penumpang menuju Nusa penida pihaknya sudah mulai menambah armada. Dari satu boat yang isian 75 orang ditambah satu boat lagi dengan isian 80 orang. "Kemarin (Sabtu, red) kita sediakan satu pagi satu siang dengan isian 75 orang. Namun dengan semakin meningkatnya penumpang kami tambah satu armada lagi dengan isian 80 orang pagi dan sore. Itu akan berlangsung hingga tanggal 29 Mei 2018 mendatang karena puncak arus keberangkatan biasanya tanggal itu," imbuhnya. *m

Komentar