nusabali

Pelanggan Curi Air PDAM

  • www.nusabali.com-pelanggan-curi-air-pdam

Petugas temukan pipa modifikasi tanpa melalui meteran.

AMLAPURA, NusaBali
Direktur PDAM Karangasem, I Gusti Made Singarsi, menemukan langsung beberapa titik pencurian air PDAM. Kasus pencurian air PDAM itu ditemukan di Kecamatan Manggis, Kecamatan Abang, dan Kecamatan Kubu. Ironisnya, air PDAM yang dicuri untuk kepentingan bisnis cetak batako dan rumah kontrakan dengan memodifikasi pipa sehingga meteran tidak berfungsi.

Kasus pencurian air PDAM itu bermula dari keluhan pelanggan di sekitar lokasi yang tidak dapat air. Pengecekan dilakukan di Desa Tianyar Barat dan Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu. Ternyata air mengalir hanya ke satu titik. Salah satu meteran milik pelanggan diuji. Meteran itu tidak berfungsi dan air lancar mengalir ke rumahnya. “Ternyata air dicuri dengan menyadap pipa di luar meteran,” ungkap Gusti Singarsi, Sabtu (26/5).

Begitu juga terjadi di Kecamatan Abang dan Kecamatan Manggis. Khusus di Kecamatan Manggis mengecek penyebab pelanggan di Desa Padangbai yang bertahun-tahun mengalami kesulitan dapatkan air. Padahal air normal mengalir ke desa itu. Setelah diselidiki, di salah satu pelanggan yang memiliki rumah kontrakan ternyata ditemukan pipa dimodifikasi. Pipa dibentangkan sebanyak empat batang ukuran 0,5 dim. Satu pipa terlihat jelas menghubungkan ke meteran air, tiga pipa tertanam.

Setelah Direktur PDAM mengecek meteran, air tetap mengalir hanya saja meteran tidak berfungsi. Gusti Singarsi pun curiga. Setelah meteran dibongkar, ditemukan adanya pipa modifikasi tanpa melalui meteran. Terungkap di dalam saluran got ditanam empat pipa. Satu pipa ke meteran, satu pipa berisi air, dan dua pipa tanpa air. “Wajar saja pelanggan di sebelahnya tak kebagian air karena airnya dihabiskan. Saya sudah beri teguran, agar tidak mengulangi perbuatan itu. Kalau masih melanggar, kami cabut sebagai pelanggan,” ancam Gusti Singarsi.

Gusti Singarsi didampingi Kabag Teknik Ida Bagus Sudirga mengatakan sebenarnya Karangasem tidak kekurangan air kalau pendistribusiannya benar dan tidak ada pelanggaran. Gusti Singarsi merahasiakan identitas pelanggan yang mencuri air PDAM itu. “Kami masih melakukan pembinaan, jika kembali mengulangi perbuatan itu, kami laporkan ke pihak berwajib,” katanya. *k16

Komentar