nusabali

PPK dan PPS Se Gianyar Ikuti Bimtek

  • www.nusabali.com-ppk-dan-pps-se-gianyar-ikuti-bimtek

KPU Gianyar kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara (PPS), serta rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Gianyar 2018.

GIANYAR, NusaBali
Bimtek kali ini diikuti Ketua dan anggota PPS se-Kabupaten Gianyar. Dalam pelaksanaan Bimtek dibagi menjadi 4 gelombang pertama PPS Kecamatan Payangan dan Ubud, kedua PPS Kecamatan Sukawati dan Tegallalang, ketiga diikuti oleh Kecamatan Gianyar dan terakhir keempat diikuti PPS Kecamatan Blahbatuh dan Kecamatan Tampaksiring.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna, Minggu  (27/5) mengatakan guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada penyelenggara pemilihan, maka KPU Gianyar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan suara (PPS).

"Guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada penyelenggaraan pemilihan, maka KPU Kabupaten melaksanakan Bimtek kepada Ketua dan anggota PPS se-Kabupaten Gianyar," jelas Agus Tirta Suguna. Hal ini sesuai peraturan KPU No 8 tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gianyar dan atau Walikota dan Wakil Walikota. “Dalam pelaksanaan Bimtek PPS dibagi menjadi empat tahapan,”katanya. Dengan digelar bintek tersebut, PPS PPS dapat memahami tentang bagaimana mekanisme proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Serta bagaimana mekanisme rekap di Kecamatan nantinya.

Agus Tirta Suguna menambahkan, sebelumnya KPU Gianyar  telah melaksanakan Bimtek dengan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). Dengan bimtek ini agar PPK dapat memahami tentang proses pemungutan dan penghitungan suara ditingkat TPS. *nvi

Komentar