nusabali

Pemkab Bangli Dua Kali Beruntun Raih Opini WTP

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-dua-kali-beruntun-raih-opini-wtp

Pemkab Bangli meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bali atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017.

BANGLI, NusaBali

Ini adalah opini WTP kedua beruntun yang diraih Pemkab Bangli. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, Yulindra Tri Kusumo Nugroho, menyerahkan langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kepada Bupati Bangli I Made Gianyar dan Ketua DPRD Bangli Ngakan Made Kutha Parwata di ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Bali, Senin (28/5).

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali, Yulindra Tri Kusumo Nugroho, mengatakan meskipun Pemkab Bangli berhasil meraih opini WTP, namun BPK masih menemukan adanya kelemahan sistem pengendalian intern (SPI) dalam penyusunan laporan keuangan dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. BPK berikan sejumlah rekomendasi untuk ditindaklanjuti pemerintah kabupaten/kota selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima. Apabila ada temuan hasil pemeriksaan yang belum jelas, dapat mengusulkan pertemuan konsultasi dengan perwakilan BPK di Bali. “Selamat kami sampaikan kepada kabupaten/kota yang sudah meraih opini WTP. Kami minta pemerintah kabupaten/kota bisa terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah,” ungkapnya.

Bupati Bangli I Made Gianyar seusai acara mengatakan, keberhasilan Pemkab Bangli kembali meraih opini WTP dua kali secara berturut-turut menjadi bukti nyata dari usaha dan kerja keras seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Bangli. Para pegawai telah berupaya keras melakukan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pengelolaan keuangan daerah. Meski telah dua kali secara berturut-turut meraih WTP, Bupati Made Gianyar tetap meminta pegawai di Bangli tidak cepat berpuas diri. Sebaliknya capaian opini WTP dijadikan motivasi untuk terus maju dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan di Kabupaten Bangli. “Selamat dan terima kasih saya sampaikan kepada semua pegawai yang sudah berkerja dengan sangat keras. Tanpa kerja keras pegawai, tentu WTP tidak akan bisa diraih,” ungkapnya.

Ketua DPRD Bangli, Ngakan Kutha Parwata, mengucapkan selamat kepada Bupati Made Gianyar dan Wabup Sedana Arta serta jajarannya atas keberhasilan Pemkab Bangli meraih opini WTP. Menurutnya, predikat WTP yang diraih Bangli merupakan buah dari kerja keras pegawai selama ini. Namun Kuta Parwata mengingatkan agar opini WTP tahun ini bukanlah hasil akhir, melainkan langkah awal untuk mencapai yang lebih baik ke depan. “Kita sudah dua kali berturut-turut WTP, mudah-mudahan tahun depan opini WTP tetap bisa dipertahankan,” harapnya. *e

Komentar