nusabali

Desa Tista Promisi Wisata Lewat Fun Bike

  • www.nusabali.com-desa-tista-promisi-wisata-lewat-fun-bike

Target Kembangkan Homestay Tahun 2020

TABANAN, NusaBali
Desa Wisata Tista menggelar fun bike pada Minggu (3/6), bertujuan untuk mempromosikan desa wisata peraih juara I lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Bali 2017, itu. Desa Wisata Tista, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, memiliki potensi tempat tracking dengan view hamparan sawah.

Perbekel Desa Tista I Made Suardana Putra menerangkan fun bike digelar untuk mempromosikan Desa Wisata Tista agar semakin dikenal masyarakat. “Peserta hampir 1.000 orang dari seluruh Bali. Ada dari Klungkung maupun Singaraja. Ini sekaligus ajang promosi desa wisata,” ujarnya.

Fun bike yang dibuka sekitar pukul 06.00 Wita dihadiri oleh Camat Kerambitan Nyoman Sukanada. Masyarakat Tista terutama karang taruna, ibu PKK, para lansia, dan anak-anak sangat antusias mendukung. “Untuk penyediaan snack kami dibantu oleh ibu PKK. Fun bike ini kami buat juga untuk penggalian dana persiapan Festival Desa Tista II yang diselenggarakan Juli mendatang,” tuturnya.

Suardana Putra menjelaskan, Desa Wisata Tista memiliki areal jalur tracking dengan view pemandangan hamparan sawah. Ada pula warga yang menggeluti pekerjaan sebagai pandai besi. Ini sudah diarahkan menjadi lokasi kunjungan wisatawan untuk melihat proses pembuatan pisau, keris ataupun benda lainnya. “Jadi setiap harinya ada sekitar 2 sampai 3 orang wisatawan manca negara maupun lokal yang berkunjung ke Desa Tista terutama ke jalur tracking,” jelasnya.

Salah satu target untuk mendukung Desa Wisata Tista adalah membuat homestay. Dengan cara tersebut, diharapkan pemuda di desa tidak cenderung pergi ke kota atau Denpasar mencari pekerjaan. “Kami akan kembangkan homestay supaya tahun 2020 setiap masyarakat bisa miliki. Dan akan menggandeng seluruh instansi untuk menyempurnakan terutama dalam pembenahan sarana prasarana agar wisatawan betah ke Desa Tista,” aku Suardana Putra. *d

Komentar