nusabali

Dua Camat Jalani Uji Kompetensi

  • www.nusabali.com-dua-camat-jalani-uji-kompetensi

Setelah tahap uji kompetensi, akan dilanjutkan tahap presentasi makalah serta tes wawancara rencananya digelar 21 Juni 2018.

Lelang Jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup


SINGARAJA, NusaBali
Dua Camat beserta tiga calon lainnya, sebagai peserta lelang jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng, mulai menjalani tes kompetensi, setelah dinyatakan lolos administrasi. Kelima calon ini akan diuji oleh tim assessor dari Pusat Penilai Kompetensi Aparatur Sipil Negara- Badan Kepegawaian Nasional (ASN-BKN).

Dalam lelang jabatan Kadis DLH ini, terdapat lima peserta masing-masing dua camat yakni, Camat Sukasada, I Made Dwi Adnyana, dan Camat Gerogak, Putu Ariadi Pribadi. Sedangkan tiga peserta lainnya masing-masing Sekdis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans), Dewa Putu Susrama, Sekdis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Ni Made Sukreni, dan Sekdis Pertanian, I Wayan Narta.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Buleleng, Gede Wisnawa yang dikonfirmasi Senin (4/6), uji kompetensi merupakan seleksi tahap kedua setelah seleksi administrasi. Dalam seleksi administrasi itu, seluruh pelamar sebanyak lima orang dinyatakan memenuhi syarat. Untuk uji kompetensi akan dilakukan selama dua hari, mulai Selasa (5/6) hari ini, di Kantor Regional X BKN Denpasar. “Sakarang sudah tahap assessment, ini tahap kedua setelah semua peserta dinyakan lolos administrasi,” terangnya.

Wisnawa menjelaskan, seluruh proses tahapan dalam uji kompetensi itu dilakukan oleh Tim Assessor dari BKN. BKSDM Buleleng lanjut Wisnawa, hanya memfasilitasi tahapan tersebut. “Materinya nanti sepenuhnya dari pusat (tim BKN,red), kami hanya memfasiliasi saja,” imbuh mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Buleleng ini.

Menurut Wisnawa, setelah tahap uji kompetensi, akan dilanjutkan tahap presentasi makalah serta tes wawancara rencananya digelar 21 Juni 2018. Tahap ini hanya melibatkan tim panitia seleksi (Pansel) kabupaten. “Setelah tahap ini (uji kompetensi,red) selesai, nanti dilanjutkan dengan tahap berikutnya oleh Tim Pansel, sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Camat Sukasada, Made Dwi Adnyana, dan Camat Gerokgak, Putu Ariadi Pribadi saat dikonfirmasi sama-sama mengaku, pertimbangan ikut dalam lelang jabatan tersebut karena ingin mencari pengalaman dan tantangan yang baru dijabatan yang baru. “Kalau tiang ingin mengabdi dan cari pengalaman yang baru saja,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Ariadi Pribadi. Selain mencari pengalaman yang baru, pertimbangan lainnya karena secara eselon dan sudah memenuhi syarat yakni IIIA. “Kalau dipercaya, saya ingin membantu Pak Bupati, dalam menangani kebersihan, dan mengurus sampah,” katanya.

Seperti diketahui posisi Kepala Dinas Lingkungan Hidup saat ini tengah lowong. Sebelumnya posisi ini memang diisi oleh Nyoman Genep. Namun saat Pemkab Buleleng melakukan mutasi, Nyoman Genep menduduki posisi baru sebagai Kepala Dinas Pertaniann Kabupaten Buleleng. Sedangkan posisi Kadis DLH ditentukan melalui sistem lelang jabatan. *k19

Komentar