nusabali

Bupati Lantik PAW Perbekel Gobleg

  • www.nusabali.com-bupati-lantik-paw-perbekel-gobleg

Komang Semara Jaya, akhirnya resmi dilantik sebagai Perbekel Gobleg, Kecamatan Banjar, Selasa (5/6) pagi, di Wantilan Desa Gobleg.

SINGARAJA, NusaBali
Komang Semara dilantik oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sebagai Perbekel pengganti antar waktu (PAW). Karena Perbekel sebelumnya, Nyoman Gede Kariawan mengundurkan diri dengan alasan pribadi pada pertengahan tahun 2017. Sehingga Perbekel PAW Komang Semara memiliki masa bakti hingga Desember 2021.

Pelantikan Perbekel Komang Semara dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng. Dalam pelantikan itu, Bupati Agus Suradnyana mengingatkan agar Perbekel dilantik harus taat dan patuh dengan aturan dalam mengelola dana untuk pembangunan desa.”Dengan kucuran dana desa yang besar, harus ada tanggung jawab, dan harus dikelola sebaik-baiknya. Salah sedikit saja dan ada penyimpangan akan berhadapan dengan hukum,” katanya.

Bupati Agus Suradnyana juga berpesan, sebagai pemimpin, Perbekel harus mampu menopang semua permasalahan di desa baik ekonomi, sosial, budaya maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Perbekel harus punya kepribadian yang dapat dicontoh bagi masyarakat. “Sudah tidak jamannya lagi kades maupun perangkat dilayani oleh rakyat. Kades dan perangkat harus melayani rakyatnya, karena pemimpin adalah pribadi yang dikorbankan dan jangan sekali - sekali terbersit dengan jabatannya untuk kepentingan keluarga dan tim suksesnya. Bantu masyarakat. Jadikan beban jabatan untuk menolong orang dan masyarakat, jangan gunakan jabatan untuk bersenang - senang, bermewah - mewahan. Jadilah pemimpin yang punya rasa malu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Perbekel Komang Semara diminta segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMD) sebagai target kinerja yang terarah dan terukur, serta menyentuh langsung kepentingan masyarakat. Perbekel Komang Semara juga dituntun menjunjung netralitas dan profesional, dalam melayani masyarakat dengan peningkatan kualitas SDM dan mengoptimalkan kinerja perangkat desa. “Harus juga menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan BPD, Desa Adat, Pemuka masyarakat, serta lembaga pemberdayaan masyarakat,” kata Bupati.

Perbekel Komang Semara berjanji merangkul semua elemen masyarakat Desa Gobleg, dalam pembangunan desa yang lebih baik. Ia pun secepatnya menyusun target kinerja sesuai arahan dari Bupati.”Saya berharap bantuan dari seluruh elemen masyarakat Gobleg, mulai dari BPD, LPM dan para tokoh,” katanya.*k19

Komentar