nusabali

Dinas Perikanan Tebar 100 Ribu Benih Ikan Air Tawar

  • www.nusabali.com-dinas-perikanan-tebar-100-ribu-benih-ikan-air-tawar

Dinas Perikanan Kabupaten Badung tebar sebanyak 100 ribu benih ikan di empat desa.

MANGUPURA, NusaBali

Secara simbolis penebaran benih ikan atau dikenal dengan istilah restocking tersebut dilakukan, Senin (4/6), di Taman Mumbul, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal. Sebanyak 100 ribu ekor benih ikan yang ditebar di antaranya jenis mujair, nila, karper, termasuk ikan lele. Pemkab Badung mengklaim cara ini sebagai pelestarian sumber daya perikanan air tawar.

Kepala Dinas Perikanan Badung Putu Oka Swadiana, mengatakan penebaran benih ikan merupakan upaya memanfaatkan segala potensi perairan yang ada untuk budidaya ikan. Apalagi perairan yang dipilih bersifat umum, seperti di Taman Mumbul. “Di samping itu, juga untuk menyiapkan ikan murah kepada masyarakat dan memasyarakatkan gemar makan ikan,” katanya, Selasa (5/6).

Swadiana menyatakan, empat desa yang mendapatkan benih ikan adalah Petang, Sangeh, Penarungan, dan Dalung. Masing-masing memperoleh sedikitnya 25 ribu ekor benih. “Ini program awal, mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi sebarannya. Sebab ini sesuai dengan Peraturan Bupati Badung Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pendistribusian dan Teknis Penyaluran Benih Ikan,” ucap Swadiana.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung Ny Seniasih Giri Prasta, mengatakan pihaknya sangat antusias dengan program Dinas Perikanan tersebut. Hal itu terkaitprogram memasyarakatkan gemar makan ikan. “Dengan makan ikan, kami harapkan masyarakat Kabupaten Badung menjadi sehat dan cerdas,” tandasnya.

Terlibat dalam kegiatan penebaran benih ikan tersebut, WHDI Badung, Gatriwara, dan Dharma Wanita Persatuan, Bappeda, Dinas Pariwisata, Camat Abiansemal, serta kepala desa penerima benih ikan, yakni Sangeh, Petang, Abiansemal, Penarungan, dan Dalung. *asa

Komentar