nusabali

Perangi Hoax, Polisi Gelar Lomba Pidato

  • www.nusabali.com-perangi-hoax-polisi-gelar-lomba-pidato

Lomba pidato dengan tema Anti Hoax ini digelar serangkaian Hari Bhayangkara ke-72. Lomba ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan polisi dalam memberikan ceramah di masyarakat, khususnya dalam memerangi berita hoax.

GIANYAR, NusaBali
Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol Ketut Dana menerangkan lomba pidato ini diselenggarakan atas inovasi jajaran Polres Gianyar, dalam menanggappi maraknya berita hoax yang beredar di media sosial. "Kita berupaya mengambil langkah memerangi berita hoax yang kini dengan mudah ebredar di emdia sosial, salah satunya melalui lomba pidato ini," katanya.

Kompol Dana mengatakan lomba pidato ini diikuti 19 personel dari tujuh Polsek dan lingkungan Polres Gianyar. Dalam menyampaikan pidato anti hoax, belasan personel ini pun tampil dengan beragam keunikan, ada yang mengundang gelak tawa, tegas, bahkan masih ada yang gerogi. "Ada juga personel yang berpidato diiringi cerita lucu, sehingga menarik disimak," ucap Kabag Sumda Polres Gianyar.

Perwira melati satu dipundaknya ini menekankan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Polres Gianyar dalam memberikan ceramah anti hoax. Selanjutnya pidato ini bsia disampaikan ke masyarakat. "Supaya masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh informasi atau berita hoax di media sosial," ucapnya.

Kompol Dana juga mengajak masyarakat untuk cerda dalam memilah berita hoax. Paling penting jangan mudah membagikan berita hoax yang bersifat menghasut dan provokasi. "Contoh satu brita hoax itu sumber tidak jelas, berisi hasutan, hujatan, dan ajakan untuk melakukan sesuatu yang sifatnya anarkis. Penggiringan opini juga, persekusi, membuli," pesannya.

Lomba pidato ini melibatkan tiga orang dewan juri yakni Ipda Eka Jaya (KBO Sat Intel), Iptu Yuliana Lomi (KBO Binmas), Ipda AA Anom (Kasi Uas). Personel terbaik dalam memberikan pidato ini pun mendapat penghargaan dari Polres Gianyar. "Kita berikan penghargaan sebagai bagian dari motivasi," tandasnya. *nvi

Komentar