nusabali

Sosialisasi Pilgub, Tuna Netra Dilatih Nyoblos

  • www.nusabali.com-sosialisasi-pilgub-tuna-netra-dilatih-nyoblos

Penyandang disabilitas tunanetra kembali mendapat sosialisasi cara pencoblosan.

SINGARAJA, NusaBali
Langkah ini agar penyandang disabilitas tuna netra dapat menyalurkan hak pilihnya di Pilgub Bali pada 27 Juni 2018 nanti, sesuai pilihannya. Sosialisasi cara pencoblosan itu dilakukan KPU Buleleng di Sekretariat Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Buleleng, Selasa (5/6) pagi. Sosialisasi itu diikuti sekitar 40 orang anggota Pertuni.

Dalam proses simulasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng menggunakan specimen surat suara yang telah disediakan. Hanya saja untuk template surat suara yang berisi huruf braile, harus menggunakan template dari wilayah lain.

Pasalnya template untuk Pilgub Bali 2018, belum tersedia. KPU Bali disebutkan tengah menunggu proses pembuatan template di Depok, Jawa barat. Saat simulasi dilakukan, sejumlah tuna netra terlihat kesulitan menyalurkan hak suaranya, saat memasuki bilik suara. Mereka tak bisa membaca huruf braile yang ada. Beberapa orang di antaranya kesulitan mengenali lubang yang disediakan untuk melakukan pencoblosan. Bahkan ada yang berusaha mencoblos pada huruf braile.

Komisioner KPU Buleleng, Gede Sutrawan mengatakan, para penyandang disabilitas tuna netra memang perlu dilatih terlebih dahulu untuk mengenali template surat suara. Harapannya mereka bisa menyalurkan hak suara mereka dan bisa menyalurkan hak suaranya secara langsung.

“Kalau toh ada pendamping, nanti pendamping cukup mengantar sampai depan bilik. Tidak membantu mencoblos. Sehingga mereka bisa menyalurkan hak suaranya secara langsung, dan yang terpenting suara yang disalurkan itu sah,” kata Sutrawan. *k19

Komentar