nusabali

Polres Jembrana Kerahkan 400 Personel

  • www.nusabali.com-polres-jembrana-kerahkan-400-personel

Jajaran Polres Jembrana melaksanakan apel gelar pasukan operasi Ketupat Agung 2018, di areal parkiran Pelabuhan Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Rabu (6/6).

Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018   

NEGARA, NusaBali
Dalam operasi Ketupat Agung serangkaian Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah/2018, dikerahkan total 600 personel gabungan instansi terkait, yang 400 di antaranya khusus dari Polres Jembrana.

Kapolres Jembrana AKBP Budi P Saragih, mengatakan ratusan personel dalam operasi Ketupat Agung 2018 ini, akan mengisi sejumlah pos pengamanan lebaran. Di antaranya, lima pos pengamanan (pospam) di sepanjang Jalan Nasional Denpasar–Gilimanuk wilayah Kabupaten Jembrana. Kelima pospam tersebut, adalah Pospam Medewi di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Pospam Rambutsiwi di Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Pospam Bidadari di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Pospam Sumbersari di Desa/Kecamatan Melaya, dan terakhir Pospam Gelung Kori di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Selain pospam di sejumlah jalur rawan kecelakaan itu, juga disebar 50 pos pantau di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, yang akan menjadi titik kepadatan pemudik ke Pelabuhan Gilimanuk. Puluhan pos pantau itu, kebanyakan tersebar di sejumlah jalan gang seputaran pemukiman warga Kelurahan Gilimanuk yang dipersiapkan menjadi jalur alternatif mobil pribadi menuju Pelabuhan Gilimanuk.

“Konsentrasi tetap di Gilimanuk. Jadi, di jalur menuju Pelabuhan Gilimanuk ini, juga kami siapkan sejumlah rekayasa arus untuk memperlancar arus, dan kami harap pemudik juga bisa tertib,” ujar AKBP Budi Saragih didampingi Kabag Ops Polres Jembrana Kompol M Didik Wiratmoko.

Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, kata AKBP Budi Saragih¸ sudah dilakukan sejumlah inovasi. Seperti di kawasan hutan Kelatakan, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, yang sempat menjadi tempat kecelakaan sebuah mobil travel hingga menewaskan 8 orang penumpang saat mudik tahun 2017 lalu. Di kawasan hutan dengan kondisi minim penerangan itu, dipasang stiker scotlight di sepanjang sisi jalan sekitar, dan menambah sejumlah lampu penerangan.

“Di jalan kawasan hutan Kelatakan, juga sudah diisi pita penggaduh untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan. Termasuk sebelum memasuki tikungan menurun Sumbersari tempat Pospam Sumbersari (Desa/Kecamatan Melaya), juga ada pita penggaduh,” tuturnya. *ode

loading...

Komentar