nusabali

Lorenzo Bergabung, Honda Miliki ‘Duet Maut’

  • www.nusabali.com-lorenzo-bergabung-honda-miliki-duet-maut

Repsol Honda akan punya line up rider hebat mulai musim MotoGP 2019.

MUGELLO, NusaBali
Marc Marquez dan Jorge Lorenzo total punya 11 titel juara dunia. Sehari setelah memutuskan berpisah dengan Dani Pedrosa, Repsol Honda langsung mengontrak Lorenzo dua tahun mulai MotoGP musim 2019.

Bergabungnya Lorenzo dengan Repsol Honda menjadikan tim tersebut punya duet maut di MotoGP 2019. Honda saat ini masih mengikat Marc Marquez hingga 2020.  

Marquez dan Lorenzo adalah dua pebalap yang menguasai gelar juara dunia MotoGP sejak 2012. Lorenzo juara dunia di 2012 dan 2015 (bersama Yamaha) dan Marquez juara pada 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Jika ditotal sejak di kelas 125 cc/Moto3, Marquez dan Lorenzo mengoleksi 11 titel juara dunia. Jumlah kemenangan ada 130, sedangkan naik podium total 255 kali.

Lorenzo sebelumnya dikabarkan akan bergabung dengan tim satelit Yamaha, setelah kontraknya bersama Ducati yang berdurasi dua tahun habis di akhir 2018.

Lorenzo memulai kariernya pada kelas MotoGP bersama Yamaha di 2008. Selama sembilan musim di Yamaha dia meraih tiga gelar juara dunia, 44 kemenangan, dan lebih dari 100 kali naik podium.

Pindah ke Ducati, Lorenzo tak kunjung mampu menjinakkan Desmosedici. Sebelum akhirnya meraih kemenangan pertama di MotoGP Italia pada akhir pekan lalu, Lorenzo hanya bisa naik podium tiga kali.

Sementara itu, Ducati tak butuh waktu lama mencari pengganti Jorge Lorenzo yang menyeberang ke Repsol Honda. Pabrikan asal Italia itu resmi menunjuk Danilo Petrucci sebagai tandem Andrea Dovizioso pada MotoGP 2019.

Petrucci hanya diberi kontrak selama satu musim. Sebelumnya, Ducati juga mempertimbangkan nama rekan setim Petrucci, Jack Miller. Namun pengalaman The Petrux bersama Desmosedici menjadi pertimbangan Ducati untuk lebih memilihnya.

"Pertama-tama saya ingin berterima kasih kepada Jorge Lorenzo untuk semua usaha dan komitmen yang telah dia buat selama waktunya sebagai pembalap Ducati dan juga untuk kemenangan yang luar biasa akhir pekan lalu di Mugello," ujar CEO Ducati, Claudio Domenicali. *

Komentar