nusabali

Mahasiswa Dijaring untuk Diberikan Bekal Soft Skills

  • www.nusabali.com-mahasiswa-dijaring-untuk-diberikan-bekal-soft-skills

100 Peserta di Denpasar Berebut Djarum Beasiswa Plus 2018

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 100 peserta mengikuti seleksi calon penerima Djarum Beasiswa Plus tahun akademik 2018/2019 di Kampus Warmadewa, Denpasar, Kamis (7/6) kemarin. Tes seleksi dari Djarum Foundation selama dua hari ini untuk menjaring mahasiswa berprestasi yang bakal diberikan keterampilan lunak (soft skills). Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Laksmi Lestari mengatakan, seleksi di Denpasar ini diikuti mahasiwa dari dua perguruan tinggi yakni Universitas Udayana dan Warmadewa. Seleksi dilakukan bertahap di lebih dari 50 kota di seluruh Indonesia. Secara keseluruhan mahasiswa yang mendaftar untuk menjadi Beswan Djarum (sebutan penerima Djarum Beasiswa Plus) mendekati 13.000 orang.

“Proses seleksi kami lakukan dalam sejumlah tahapan. Untuk di Denpasar ini jumlah peserta sebanyak 100 mahasiswa,” tutur Laksmi Lestari, di Gedung Rektorat Universitas Warmadewa, Denpasar, Kamis (7/6). Dikatakan, pihaknya tidak mematok kuota peserta dari masing-masing kota yang lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa Djarum Beasiswa Plus 2018 ini. “Nanti kita lihat hasil tes peserta dari seluruh kota di Indonesia. Kalau tahun lalu peserta dari Denpasar yang mendapatkan beasiswa sebanyak 10 orang,” ujar Laksmi seraya menyebut peserta yang lolos bakal diumumkan sekitar bulan September 2018.

Sejumlah persyaratan dasar harus dipenuhi untuk dapat menjadi Beswan Djarum, antara lain berasal dari perguruan tinggi yang bermitra dengan Djarum Beasiswa Plus, memiliki IPK pada semester III minimal 3,00, dan
juga aktif berorganisasi.

Dalam proses seleksi ini para peserta akan mengikuti rangkaian tes selama 2 hari. Dimulai dengan tes tertulis untuk menguji kompetensi akademik, peserta yang lolos kemudian mengikuti tes selanjutnya yakni Group Assigment Test serta wawancara individu.

Menurut Laksmi, respon positif dan antusiasme mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia terlihat dalam proses seleksi. Ia menilai generasi muda saat ini semakin tertarik untuk mengembangkan keterampilan lunak (soft skills) yang bisa didapatkan dengan menjadi Beswan Djarum.

Selain bantuan dana pendidikan selama 1 tahun, para mahasiswa juga akan tergabung dalam jejaring alumni Beswan Djarum yang telah mencapai lebih dari 10.335 alumni di seluruh Indonesia. “Para Beswan Djarum akan mendapatkan berbagai pelatihan yang dimaksudkan untuk menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di perguruan tinggi dengan berbagai keterampilan lunak (soft skills), seperti leader development, character building, nation building dan lainnya. Tujuannya, agar para Beswan Djarum dikemudian hari menjadi pemimpin bangsa yang cakap secara inteligensia dan emosional,” tambah Laksmi.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Warmadewa Dr Ir Wayan Parwata MT, mengatakan, lebih dari 5 tahun, Universitas Warmadewa telah terpilih ikut serta dalam kegiatan Beswan Djarum Foundation. Pihaknya menilai program ini sangat potensial ikut menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya, karakter dan

mental kewirausahaan mahasiswa. “Prestasi yang telah diraih oleh adik- adik mahasiswa kami yang telah lolos mengikuti Program Beswan Djarum ini mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi diri mahasiswa khususnya dalam bidang kewirausahaan dan membangun karakter mereka,” terang Wayan Parwata seraya menyebut tahun ini sebanyak 35 mahasiswa Warmadewa mengikuti seleksi. *isu

loading...

Komentar