nusabali

10 Ribu Lebih Sapi Bali Diantarpulaukan

  • www.nusabali.com-10-ribu-lebih-sapi-bali-diantarpulaukan

Tidak ada Lonjakan Pengiriman Terkait Idul Fitri

DENPASAR, NusaBali
Diperkirakan tidak akan ada lonjakan pengiriman atau antar pulau sapi  terkait dengan hari raya Idul Fitri. Lonjakan pengiriman sapi dari Bali, diperkirakan baru terjadi jelang Idul Adha bulan Agustus depan. Sedang terkait Idul Fitri pengiriman tidak akan melebihi kuota yang direkomendasikan sebanyak 5.000 ekor sapi.

Kabid Produksi dan Pembibitan Dinas Peternakan Provinsi Bali I Ketut Nata Kesuma, menyatakan keyakinan  tidak adanya lonjakan pengiriman tersebut, karena kebutuhan sapi Bali pada dalam suasana Lebaran  tidak sebanyak pada hari Idul Adha. “ Kalau Idul Adha kan banyak permintaan sapi untuk hewan korban,” kata Nata Kesuma, Kamis (7/6). Karena itulah kuota pengiriman sapi yang direkomendasikan Disnak pada jelang Idul Adha sebanyak 14.000 ekor. Sedang total kuota yang direkomendasikan dalam setahun 47.632 sapi.

Namun demikian, dibanding dengan waktu sebelumnya, kuota pengiriman sapi Bali dalam masa Idul Fitri yakni pada Juni ini lebih banyak dari bulan-bulan  sebelumnya,  yang pengirimannya rata-rata di bawah 5.000 ekor.Sementara dalam  rentang waktu rentang waktu lima bulan, realisasi pengiriman  sapi tidak persis sama dengan kuota. Realisasi terbanyak pada  Februari  sebanyak 2.145 dengan tujuan Bekasi. Sedang secara keseluruhan 10.970 ekor sapi Bali telah diantarpulaukan sejak Januari hingga Mei. Semua tujuan Bekasi plus Kalimantan Selatan dan Bangka (Bangka Belitung). “Sesungguhnya masih ada cukup sisa kouta dari yang sudah terealisasi,” kata Nata Kesuma.*k17

loading...

Komentar