nusabali

Portugal Belum Ideal

  • www.nusabali.com-portugal-belum-ideal

Kami masih jauh dari ideal. Ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Ada pemain-pemain baru pertama kalinya bermain dalam skuat ini.

LISBON, NusaBali
Meski menang besar atas Aljazair, pelatih Timnas Portugal Fernando Santos menyebut timnya belum layak menjadi juara dunia Piala Dunia 2018. Menurut Santos, kondisi tim yang dijuluki A Selecao das Quinas itu belum ideal bersaing dengan negara favorit lainnya.

Pada laga pemanasan itu, Portugal tampil amat dominan saat mengalahkan Aljazair 3-0, di Estadio da Luz, Jumat (8/6) dinihari WITA. Portugal melepaskan 18 tembakan dengan tujuh mengarah ke gawang. Sedangkan tim tamu 8 tembakan dan dua mengarah ke sasaran.

Goncalo Guedes menjadi bintang lapangan pada laga tersebut, melalui sumbangan dua golnya dan satu satu gol lagi dicetak Bruno Fernandes. Sementara Ronaldo yang kembali bermain usai mendapatkan libur menyumbangkan satu assist.

Portugal sebetulnya mencetak gol keempat lewat Joao Mario di menit ke-82. Tapi gol itu dianulir wasit setelah meninjau prosesnya lewat video assistant referee (VAR). Dari VAR diketahui Guedes lebih dulu handball sebelum melepaskan umpan ke Joao Mario.

Aljazair mendapat peluang emas di menit ke-90. Namun bola sundulan Baghdad Bounedjah ditepis kiper Rui Patricio. Hingga laga usai, skor 3-0 bertahan untuk kemenangan Portugal.

Sebelumnya, Portugal bermain imbang 2-2 lawan Tunisia dan 0-0 dengan Belgia. Mereka ke Rusia dengan status juara Eropa 2016 dan masuk Grup B di babak penyisihan grup bersama Spanyol, Maroko, dan Iran. Laga perdana Portugal melawan Spanyol, di Fisht Olympic Stadium, Sochi, pada 15 Juni.
"Kami masih jauh dari ideal. Ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Ada pemain-pemain baru pertama kalinya bermain dalam skuat ini," ujar Santos, dikutip Goal International.

Namun Santos optimistis, seiring berjalannya waktu timnya akan tampil lebih baik lagi di Rusia. Ia yakin timnya akan semakin berkembang saat kejuaraan dimulai. Sebab, ia sudah menemukan gambaran siapa pemain Portugal yang jadi starter.

"Saya rasa kami tidak bisa menyimpulkan susunan starter kami hanya dalam satu pertandingan saja. Yang terpenting saat ini saya punya 23 pemain yang mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bertanding." kata pelatih yang membawa Portugal juara Piala Eropa 2016.

Portugal datang ke Piala Dunia 2018 dengan status juara Eropa. A Selecao das Quinas masuk Grup B di babak penyisihan grup dan akan bertarung melawan Spanyol, Maroko, dan Iran. ***

Susunan Pemain 
Portugal: Rui Patricio (Raphael Guerreiro 57'); Bruno Alves (Jose Fonte 57'), Pepe, Raphael Guerreiro, Cedric, William Carvalho (Ricardo Quaresma 64'), Joao Moutinho (Joao Mario 75'), Bruno Fernandes, Bernardo Silva (Adrien Silva 64'), Cristiano Ronaldo (Andre Silva 74'), Goncalo Guedes.

Aljazair: Abdelkader Salhi; Ramy Bensebaini, Aissa Mandi, Carl Medjani (Baghdad Bounedjah 71'), Mokhtar Benmoussa, Zinedine Ferhat, Nabil Bentaleb, Salim Boukhanchouche (Mohamed Benkhemassa 57'), Yacine Berahimi, Riyad Mahrez, Islam Slimani (El Arbi Soudani 86').

loading...

Komentar