nusabali

Pemudik Mulai Melonjak di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-pemudik-mulai-melonjak-di-gilimanuk

Lonjakan penumpang keluar Bali saat H-7 Lebaran didominasi sepeda motor, paling padat terjadi pada Sabtu pagi.

43.263 Penumpang Nyeberang ke Ketapang hingga Kemarin

NEGARA, NusaBali
Arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2018 mulai melonjak di Pelabuhan Gilimanuk, Melaya, Jembrana pada H-7 Lebaran, Jumat (8/6) pukul 08.00 Wita hingga Sabtu (9/6) pukul 08.00 Wita. Tercatat sebanyak 43.263 penumpang dengan 8.236 kendaraan roda dua dan 5.800 kendaraan roda empat, yang telah diseberangkan dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Sabtu kemarin, lonjakan penumpang keluar Bali saat H-7 Lebaran didominasi sepeda motor, paling padat terjadi pada, Sabtu pagi kemarin. Sedangkan menjelang siang, jumlahnya semakin berkurangan, dan tampak masih relatif lancar terlayani di pintu loket pelabuhan. 

Sedangkan memasuki siang hari, arus mudik kembali lengang. "Masih sama seperti kemarin, ramainya mulai subuh sekitar pukul 05.00 Wita sampai jelang siang. Memasuki siang, sudah normal kembali," ujar Manager Usaha Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono, Sabtu kemarin. Sesuai data posko Angkutan Lebaran, jumlah penumpang yang menyeberang ke Jawa pada H-7 Lebaran tahun ini, juga meningkat sebanyak 25 persen dari H-7 Lebaran tahun 2017 lalu, yakni sebanyak 34.494 penumpang. 

Begitu juga perbandingan kendaraan roda dua dan roda empat H-7 Lebaran tahun ini, masing-masing meningkat sebanyak 42 persen (5.811 roda dua tahun lalu) dan 22 persen (4.749 roda empat tahun lalu).

Namun meski demikian, sambung Heru, lonjakan arus penumpang H-7 Lebaran ini masih termasuk lonjakan awal. Dalam menghadapi kepadatan arus H-7, pihaknya mengerahkan 32 kapal dari total 56 kapal yang tersedia. Namun seiring peningkatan itu, operasional loket tiket semakin dimaksimalkan. 

"Yang pasti untuk saran dan prasarana sudah kami siapkan. Untuk puncak arus mudik tahu ini, kami perkirakan antara H-4 hingga H-2 Lebaran, Senin (11/6) hingga Rabu (13/6) nanti," pungkas Heru. *ode

loading...

Komentar