nusabali

SMPN 1 Amlapura dan Manggis Boyong Piala Gubernur

  • www.nusabali.com-smpn-1-amlapura-dan-manggis-boyong-piala-gubernur

SMPN 1 Amlapura dan SMPN 1 Manggis, Karangasem memboyong Piala Gubernur Bali di Lomba Senam Pramuka XI se-Kwartir Daerah Bali 2018 yang digelar di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

Lomba Senam Pramuka XI 2018 Se Bali

AMLAPURA, NusaBali
Dalam kejuaraan yang berakhir, Minggu (3/6) lalu, kedua kontingen ini menjadi yang teratas setelah di final menundukkan seluruh peserta dari seluruh Bali. Pembina Regu Putra Gerakan Pramuka SMPN 1 Manggis, I Wayan Niarta dan Putu Suta Arjawan, mengungkapkan keberhasilannya yang merupakan penantian selama bertahun-tahun. "Melalui perjuangan dan persiapan panjang, akhirnya baru kali ini kami bisa menang," jelas Niarta saat dihubungi di kediamannya di Banjar/Desa Pesedahan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Minggu (10/6).

Regu Putra SMPN 1 Manggis, dengan diperkuat lima siswa andalannya, yakni I Gede Nova Digayana, Made Arsa Sinartama, I Made Rustika Putra, Komang Edi Anjasmara dan Putu Norma Atlantika. "Hanya saja kekhawatiran kami, regu putra yang memboyong Piala Gubernur Bali 2018 itu, hanya satu orang masih duduk di kelas VII. Selebihnya kelas IX, mesti membina lagi dari nol," katanya.

Di final regu putra SMPN 1 Manggis mencatat skor 277,88, menyingkirkan SMPN 3 Bebandem skor 273,48, juara II SMPN 2 Manggis skor 271,444 dan juara bertahan SMPN 1 Amlapura di peringkat keempat skor 269,58.

Tiga dewan juri yang memberikan penilaian itu, secara objek yakni I Wayan Sukarta, Ni Luh Putu Spyanawati dan Komang Trisna Mahartini.

Sedangkan SMPN 1 Amlapura, walau gagal mempertahankan gelar putra, ternyata di nomor regu putri memboyong Piala Gubernur Bali 2018. Gelar itu dimenangkan setelah tiga juri memberikan nilai tertinggi, meninggalkan lawan-lawannya, ketiga juri, yaitu I Nyoman Karman, Ni Putu Dwi Sucita Dartini dan Ni Wayan Suriani.

Regu putri SMPN 1 Amlapura membukukan skor 260,38, mengungguli juara bertahan digeser sebagai juara II SMPN 3 Bebandem skor 256,72, juara III SMPN 1 Manggis skor 252,46 dan juara IV SMPN 2 Manggis skor 252,03.

"Tekad kami, tahun depan mempertahankan Piala Gubernur Bali di nomor putra dan merebut di nomor putri, sehingga kami benar-benar mampu mengawinkan kedua piala bergengsi itu," harap Niarta. Pembina regu putri SMPN 1 Amlapura, Putu Setiabudi mengakui, sulit mempertahankan gelar juara di nomor regu putra.

"Ini menyangkut talenta, kalau siswanya berbakat gampang membina. Karena siswa putra yang tahun lalu telah tamat makanya sulit mempertahankan gelar itu, syukur di nomor putri kami menang," kata Setiabudi. "Kami tetap mencari bibit potensial yang berbakat untuk dibina di bagian putra, sehingga mampu mengembalikan kejayaan Pramuka SMPN 1 Amlapura," tambahnya. *k16

loading...

Komentar