nusabali

Siswa Dibiasakan Ngulat Regek

  • www.nusabali.com-siswa-dibiasakan-ngulat-regek

Buleleng, terus menambah generasi pangulat (pengayam) Regek- sarana penting dalam upacara Manusia Yadnya.

SINGARAJA, NusaBali
Ini terlihat dari kemampuan para siswa Sekolah Dasar (SD) dalam mengayam Regek tersebut, di ajang Buleleng Educatioan Expo (BEE), Minggu (10/6) pagi.Regek merupakan anyaman tersulit dari berbagai bentuk anyaman yang dikenal dalam upacara keagamaan di Bali. Umumnya, Regek dipakai sebagai simbul dalam upacara Telubulanan (upacara bagi bayi yang genap berusia tiga bulan). Selama ini, tidak banyak orang yang bisa membuatnya, karena ayamannya cukup sulit.

Nah melalui BEE, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, terus mengupayakan agar para siswa memiliki kemampuan membuat Regek, sekaligus mengetahui fungsi Regek tersebut. Membuat Regek itu pun dilombakan atas siswa tingkat SD se Buleleng dalam BEE yang resmi dibuka, oleh Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra, Minggu kemarin.

BEE dipusatkan di Gedung Kesenian Gde Manik, Jalan Udayana Singaraja. BEE ini menampilkan berbagai kegiatan yang dapat mengedukasi para siswa tingkat SD, SMP,SMA/SMK dan perguruan tinggi serta masyarakat luas. “Kegiatan ini sangat baik dan ini terus digelorakan, karena memang saat Telubulanan itu, sangat sulit mencari Regek, karena tidak semua orang tua bisa membuatnya. Makanya dengan melihat anak-anak dari SD sudah bisa ini, tentu sangat membagakan,” terang juri penilai, Putu Mahendra.

Dalam lomba, masing-masing peserta diberikan waktu selama 2 jam, lebih lama ketimbang lomba ayaman lainnya seperti Ngulat Klangsah, dan Kise. Waktu yang lama ini, karena Ngulat Regek memang agat sulit. “Kami menilia dari sisi kerapian, bentuk Regek, dan teknik ulatan dan ketepan waktu,” terang Putu Mahendra yang juga Guru SMPN 5 Singaraja.

Para siswa mengaku, untuk belajar membuat anyaman Regek membutuhkan waktu dua bulan untuk menghafal teknik ulatan (anyaman). Itu pun harus tiap hari diambil, untuk bisa berwujud Regek. *k19

loading...

Komentar