nusabali

Persiapan Pilgub, Saksi KRB Ikuti Pembekalan

  • www.nusabali.com-persiapan-pilgub-saksi-krb-ikuti-pembekalan

Ratusan saksi dari Koalisi Rakyat Bali (KRB) yang mengusung Cagub-Cawagub Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), mengikuti pembekalan di Balai Masyarakat Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Bangli, Senin (11/6).

BANGLI, NusaBali

Pembekalan dilakukan untuk mempersiapkan para saksi agar dalam pencoblosan nanti, para saksi bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Ketua KRB Bangli, I Wayan Gunawan di sela-sela kegiatan mengatakan para saksi menerima arahan berkaitan dengan posisi sebagai saksi, tugas dan tanggungjawab serta wewenang selaku saksi. Dalam pembekalan tersebut hadir pula Ketua KPU Bangli, I Dewa Agung Gede Lidartawan serta Ketua Panwaslu Bangli I Nengah Sandiarta.

“Kami turut menghadirkan KPU dan Panwaslu, agar para saksi bisa memahami tugas dan tanggung jawab,” ungkapnya. Wayan Gunawan yang juga Ketua DPD II Golkar Bangli ini, menyampaikan dengan adanya pembekalan ini diharapkan para saksi memiliki mental yang baik, kemudian memiliki keberanian dan kepercayaan diri.

“Tentu terpenting para saksi memiliki kejujuran, pesta demokrasi bisa berlangsung dengan baik,” sebutnya seraya mengatakan kegiatan pembekalan berlangsung satu hari.

Lanjutnya, untuk saksi yang nantinya akan terlibat di masing-masing TPS ada dua orang saksi, dengan total 467 TPS. Pihaknya juga menyiapkan saksi di tingkat desa sebanyak dua orang dan tingkat kecamatan satu orang. Gunawan mengatakan para saksi yang terpilih tidak asal comot, namun para saksi tersebut memang memiliki kecintaan pada kandidat dalam hal ini Mantra-Kerta. Pihaknya menilai keberadaan saksi merupakan benteng terdepan dan terakhir dalam pemilu.

Disinggung terkait hal-hal yang menjadi penekanan untuk saksi, Gunawan menyampaikan para saksi agar memiliki mental yang kuat. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyinggung profesionalisme dari KPU serta Panwaslu. “Masing-masing kandidat harus ditempatkan sejajar, dan harus adil. Proses ini masih panjang, untuk itu profesionalisme agar terbangun,” pungkas Gunawan didampingi sejumlah kader. *e

loading...

Komentar